Pertimbangan dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Kebanyakan orang salah memilih asuransi kesehatan karena tidak memperhatikan dengan teliti polisnya. Untuk itu silakan cek beberapa pertimbangan berikut ini.

Kesehatan menjadi hal terpenting dalam hidup setiap orang, biaya yang dikeluarkan bisa begitu mahal jika sakit sudah datang. Anda pun tidak dapat menduganya kapan penyakit menyerang. Orang sukses dan kaya seperti pendiri Microsoft, Bill Gates pun takut jika kesehatannya terganggu.

Melihat pentingnya kesehatan bagi kehidupan membuat banyak orang memilih untuk membeli produk asuransi kesehatan. Seringkali kita mendapatkan penawaran dari perusahaan asuransi tetapi seberapa jauhkah Anda memahami asuransi kesehatan?

Jika hanya pemahaman bahwa asuransi kesehatan menanggung semua biaya kesehatan tentunya itu tidak cukup. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan. Banyak hal yang Anda tidak tahu, tapi sebenarnya sangat penting, ketika memilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk keluarga Anda.

Nah berikut ini adalah pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih asuransi kesehatan.

1. Reputasi Perusahaan Asuransi

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi kesehatan tertentu, ada baiknya kenali dulu perusahaan asuransi tersebut. Cari tahu tentang reputasinya, pelajari berbagai informasi dan rujukan yang objektif sehingga tidak menyesal dikemudian hari.

Pastikan Anda tidak memilih asuransi yang menyulitkan misalnya saja mudah membayar premi tetapi sulit untuk mendapatkan klaim. Pelayanan buruk semacam itu sudah jamak dialami nasabah perusahaan asuransi tertentu.

2. Fasilitas yang Diberikan

Jika Anda memiliki beberapa kandidat perusahaan asuransi, bandingkan fasilitas yang ditawarkan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan angka premi yang sama apa yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut, apakah nilai klaim yang diberikan wajar atau tidak?

Pertimbangkan kebutuhan layanan kesehatan yang Anda inginkan. Untuk masalah kesehatan jangka panjang tentunya Anda membutuhkan fasilitas yang lengkap, sebaiknya Anda tidak terlalu pelit dengan memilih premi yang paling kecil.

3. Plafon dan Premi Asuransi

Perhatikan plafon dan preminya pastikan fasilitas yang diberikan memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tingginya nilai plafon berhubungan lurus dengan besarnya premi yang dikeluarkan. Semakin mahal harga kamar rumah sakit maka semakin mahal preminya.

Idealnya plafon asuransi kesehatan yang dipilih sesuai keinginan. Sesuaikan premi dengan kemampuan, jangan malah memberatkan keuangan Anda. Jika skema yang diambil lebih rendah, saat nanti dirawat inap, Anda harus siap mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi.

4. Jaringan Pelayanan Perawatan

Carilah asuransi kesehatan yang memiliki jaringan perawatan yang tersebar luas. Jaringan perawatan disini maksudnya adalah jaringan pelayanan perawatan melingkupi rumah sakit rujukan dan juga kantor pelayanan.

Pastikan Anda memilih pelayanan perawatan yang mempunyai layanan call center. Karena terkadang jika dalam keadaan darurat, kita tidak bisa memastikan kapan dan dimana jatuh sakit atau membutuhkan pertolongan medis secepatnya dan perawatan yang sesuai.

Dengan jaringan pelayanan yang luas, di mana pun Anda sakit, Anda akan mendapatkan pelayanan perawatan yang sesuai. Misalnya saja Anda mengalami sakitnya di Cirebon, Anda tak perlu harus dibawa ke Jakarta untuk dirawat di rumah sakit rujukan dari perusahaan asuransi yang dipilih.

5. Layanan Klaim Asuransi

Yang tidak kalah penting juga adalah layanan klaim asuransi, dalam memilih asuransi kesehatan kemudahan pelayanan klaim menjadi perhatian utama. Sebab percuma saja memiliki asuransi tetapi pelayanan klaimnya tidak maksimal.

Pilihlah perusahaan asuransi yang dapat menerima klaim dari mana saja dan bukan hanya menerima klaim rumah sakit rujukan. Ini penting, karena akan memudahkan kita mendapatkan perawatan di mana saja.

Kalau berada jauh dari rumah sakit rujukan, Anda tetap bisa masuk ke rumah sakit yang tidak menjadi rujukan. Ketika terpaksa berobat ke luar negeri pun bisa mendapat layanan klaim. Jadi, carilah perusahaan asuransi yang dapat menutup hal itu.

Asuransi bukanlah produk yang user-friendly seperti ponsel atau tablet, terlebih lagi asuransi kesehatan. Pengertian produk nya sangat kompleks, jadi Anda harus memahami betul asuransi kesehatan yang dipilih. Pilihan yang kurang tepat kerap kali berujung pada komplain sia-sia ketika klaim rawat inap tidak diganti sesuai harapan.

Baca juga: 5 Tahap Ajukan Klaim Asuransi Kesehatan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama