Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Kesehatan Pertama Kalinya

Sebagai pemula, sangat wajar jika Anda masih kebingungan saat membeli asuransi kesehatan pertama kalinya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan.

Kesehatan memang hal terpenting dalam kehidupan setiap orang. Biaya yang dikeluarkan bisa begitu mahal jika suatu penyakit sudah datang menyerang Anda. Oleh karena itu, ada pepatah mengatakan bahwa kesehatan itu mahal harganya. Anda pun tidak dapat mengetahui kapan akan terserang penyakit tersebut.

Melihat pentingnya kesehatan bagi kehidupan, membuat banyak orang memilih untuk membeli produk asuransi kesehatan. Seringkali Anda pun mendapatkan penawaran dari perusahaan asuransi tetapi seberapa jauhkah Anda memahami asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit atau kecelakaan. Besarnya penggantian sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit dengan batasan limit tertentu berdasarkan rencana asuransi yang diambil.

Tetapi, jika hanya pemahaman bahwa asuransi kesehatan menanggung semua biaya kesehatan tentunya itu tidak cukup. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan untuk Anda maupun keluarga Anda.

Sebagai seorang pemula dan akan membeli asuransi untuk pertama kalinya, maka sangat wajar jika Anda belum paham dan juga kebingungan untuk menentukan pilihan produk asuransi kesehatan yang paling tepat. Nah berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan saat membeli asuransi kesehatan saat pertama kali.

1. Ketahui Kebutuhan Anda dengan Baik

Kebutuhan dalam hal ini maksudnya adalah mengenai jumlah pertanggungan asuransi yang Anda harapkan. Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan dan jumlah yang berbeda-beda, tergantung juga pada kemampuan keuangan Anda. Perhitungkan dengan baik, sebab inilah yang akan menjadi dasar Anda memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan tersebut, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan seorang pakar asuransi tentang bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk biaya kesehatan Anda. Hal ini akan membuat Anda memiliki gambaran yang jelas dan juga perhitungan yang tepat untuk memilih asuransi yang tepat.

2. Sesuaikan dengan Anggaran

Penting sekali untuk menyesuaikan besaran premi yang harus Anda bayarkan dengan kemampuan keuangan atau anggaran yang Anda miliki. Jangan sampai preminya terlalu besar, sebab justru hal tersebut akan membuat keuangan Anda mengalami kesulitan di masa yang akan datang. Pilihlah besaran biaya premi yang sesuai dan terjangkau.

Perhatikan plafon dan preminya. Pastikan fasilitas yang diberikan memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tingginya nilai plafon berhubungan lurus dengan besarnya premi yang dikeluarkan. Semakin mahal harga kamar rumah sakit yang diperhatikan maka semakin mahal preminya. Idealnya plafon asuransi kesehatan yang dipilih sesuai kebutuhan saja.

3. Kenali Reputasi Perusahaan Asuransi

Selanjutnya, pilih layanan asuransi dari sebuah perusahaan asuransi yang terpercaya, sehingga Anda merasa nyaman dan juga tenang menjadi nasabah mereka. Dalam beberapa kasus, ada beberapa perusahaan asuransi yang sulit mencairkan klaim nasabahnya, atau bahkan tutup karena bangkrut.

Oleh karena itu, sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi kesehatan tertentu, ada baiknya kenali dulu perusahaan asuransi tersebut. Cari tahu tentang reputasinya, pelajari berbagai informasi dari forum-forum yang bisa dipercaya agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Banyaknya pilihan asuransi jangan sampai membuat Anda terjebak dan jatuh pada pilihan asuransi yang justru membuat Anda menelan kerugian. Perhatikan kualitas dan juga kuantitas agar memberikan perlindungan terbaik untuk keluarga Anda.

4. Fasilitas dan Layanan Klaim yang Diberikan

Jika Anda sudah memiliki beberapa kandidat perusahaan asuransi yang akan Anda pilih, langkah selanjutnya adalah bandingkan fasilitas yang ditawarkan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya.

Pilihlah perusahaan asuransi yang dapat menerima klaim dari mana saja dan bukan hanya menerima klaim rumah sakit rujukan. Ini penting, karena akan memudahkan Anda mendapatkan perawatan di mana saja.

Kalau berada jauh dari rumah sakit rujukan, Anda tetap bisa masuk ke rumah sakit yang tidak menjadi rujukan. Ketika terpaksa berobat ke luar negeri pun bisa mendapat layanan klaim. Jadi, carilah perusahaan asuransi yang dapat menutup hal itu.

Apabila Anda sulit menemukan asuransi kesehatan yang tepat dan menguntungkan KreditGoGo.com dapat memberikan referensi asuransi kesehatan terbaik dengan perlindungan optimal.

Asuransi AXA Mandiri Hospitalife salah satunya. Asuransi ini memberikan pertanggungan uang duka untuk Anda dan keluarga. Fasilitas yang diberikan berupa santunan rawat inap untuk penyakit-penyakit, seperti demam berdarah dan malaria.

Keuntungan lainnya dari produk asuransi ini adalah Anda hanya perlu bayar premi cukup 4 tahun, namun pertanggungan yang diterima hingga 12 tahun. Selain itu, premi akan dikembalikan di akhir masa perlindungan (ada klaim ataupun tidak ada klaim).

Tidak seorang pun tahu kapan suatu penyakit akan datang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memikirkan langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat jatuh sakit. Salah satunya adalah tidak membebani biaya diri sendiri maupun keluarga.

Gunakan asuransi kesehatan yang akan menjamin keuangan Anda di masa-masa sulit nanti. Jangan pernah berpikir untuk menunda membeli asuransi kesehatan. Lakukan dengan segera sebelum terlambat.

Baca Juga:
Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Budget
4 Asuransi ini Cocok Untuk Keluarga Muda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama