Mengenal Lebih Dekat Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan adalah sebuah jenis produksi asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan pihak tertanggung jika mengalami jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Kesehatan merupakan modal utama yang teramat penting dalam setiap diri manusia. Segala kemungkinan risiko kesehatan bisa dikhawatirkan terjadi secara tiba-tiba pada setiap individu. Sudahkah Anda memiliki proteksi kesehatan untuk memberikan perlindungan biaya kesehatan?

Asuransi yang merupakan lembaga keuangan bukan bank memiliki kegiatan perlindungan ataupun proteksi. Jenis asuransi yang memberikan perlindungan biaya kesehatan adalah asuransi kesehatan. 

Asuransi Kesehatan adalah sebuah jenis produksi asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan pihak tertanggung jika mengalami jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Asuransi kesehatan menjamin pembiayaan rawat jalan maupun rawat inap bagi pihak tertanggung untuk menjalani pengobatan. 

Pihak tertanggung (insured) yaitu seseorang yang telah melakukan kesepakatan dengan lembaga asuransi dengan tujuan mengharapkan perlindungan atas risiko yang mungkin dapat terjadi. 

Pihak tertanggung memiliki kewajiban untuk membayar premi, untuk mendapatkan manfaat pertanggungan dari pihak asuransi kesehatan.

Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan terdiri dari berbagai jenis. Ini dibedakan berdasarkan jenis perawatan,pengelola dana, keikutsertaan anggota, jumlah dana yang ditanggung, pihak tertanggung dan metode penggantian.

  • Jenis Perawatan

Jenis perawatan asuransi kesehatan terdiri dari rawat inap dan rawat jalan. Pada rawat inap, perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung beberapa biaya pengobatan selama dirawat di rumah sakit. 

Pada rawat jalan, perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung beberapa biaya kesehatan seperti konsultasi kesehatan, dan biaya obat. Namun untuk jenis-jenis biaya pengobatan, tergantung dari besarnya premi yang telah dibayarkan pihak tertanggung.

  • Pengelola Dana

Dalam hal pengelola dana asuransi kesehatan terdiri dari dua pihak yang berwenang. Yakni asuransi kesehatan pemerintah dan asuransi kesehatan swasta. 

Saat ini pemerintah sudah memiliki produk asuransi kesehatan untuk masyarakat, dengan nama BPJS Kesehatan (Badan Penyelanggara Jaminan Sosal Kesehatan).

  • Jumlah Dana

Besarnya dana premi menentukan besarnya pertanggungan yang diberikan pihak asuransi pada pihak tertanggung.

  • Pihak Tertanggung

Pihak asuransi akan memberikan perlindungan pada pihak tertanggung yang telah membayarkan premi sesuai dengan perjanjian saat pembuatan buku polis. Pihak tertanggung dalam asuransi kesehatan terbagi menjadi asuransi untuk individu, dan asuransi untuk kelompok. Dalam hal asuransi kelompok dapat mencangkup asuransi perorangan dengan mengikutsertakan anggota keluarga.

  • Metode Penggantian

Ada beberapa jenis metode penggantian yang digunakan dalam produk asuransi kesehatan. Yaitu diantaranya adalah metode menggunakan kartu anggota(cashless) dan pengajuan reimburst. Setiap lembaga asuransi memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan cara penggantian biaya kesehatan.

Metode reimburst, menggunakan cara pengajuan ganti rugi dengan cara nasabah membayar seluruh pengobatan terlebih dahulu lalu diganti oleh perusahaan asuransi kesehatan. 

Dan metode menggunakan kartu anggota dengan cara, nasabah dapat menggunakan kartu anggota tersebut untuk melakukan pengobatan langsung di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan terkait.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Biaya kesehatan yang tak terduga, menjadi risiko biaya finansial yang dikeluarkan tanpa perduli besar kecilnya penghasilan Anda. Apa yang bisa didapatkan seseorang saat mendaftarkan diri menjadi nasabah asuransi kesehatan?

  • Perlindungan Rawat Inap
  • Perlindungan Rawat Jalan
  • Perawatan Kesehatan yang Layak
  • Manfaat Nilai Tunai
  • Tabungan Masa Depan

Nasabah juga memungkinkan mendapatkan manfaat lain dari isi perjanjian saat membuka polis.

Pihak Penerbit Asuransi Kesehatan

AllianzCIMB Niaga Sun Life
AXACigna
AXA MandiriBRIngin Life
AIGManulife
ACASun Life Financial
AVRIST Insurance Pan Pacific
ACE Jaya ProteksiAsuransi Sinarmas

Perusahaan penerbit asuransi kesehatan memiliki beragam jenis perlindungan asuransi kesehatan. Ada beberapa produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kesehatan secara umum, dan ada juga perlindungan asuransi kesehatan untuk penyakit tertentu.

Masing-masing produk memiliki besarnya premi yang berbeda-beda. Besarnya premi asuransi kesehatan, menentukan jenis pertanggungan yang didapat pihak tertanggung. 

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan biaya premi dan jenis pertanggungan. Nasabah berhak lebih teliti dalam memilih jenis perlindungan asuransi kesehatan.

Cara Mendapatkan Asuransi Kesehatan

Banyak perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan beragam produk asuransi kesehatan. Dan tidak sedikit perusahaan asuransi yang memiliki kesamaan dalam manfaat pertanggungan kesehatan, sehingga membuat masyarakat bingung untuk memilih.

Memilih asuransi kesehatan diperlukan adanya kecermatan untuk Anda dalam menilai sebuah produk asuransi kesehatan dalam segi manfaat dan syarat ketentuan. Lalu dimana Anda dapat memperoleh produk asuransi kesehatan?

Anda kini dimudahkan dengan layanan pengajuan online untuk asuransi kesehatan. KreditGoGo membantu Anda membandingkan dan memberikan informasi terkait fitur produk asuransi kesehatan. Cukup dengan mengunjungi laman produk asuransi pada website KreditGoGo, Anda dapat mulai mendaftarkan diri mendapatkan produk asuransi kesehatan.

Pengajuan secara online untuk produk asuransi kesehatan, memudahkan Anda untuk dapat membandingkan manfaat-manfaat yang ditawarkan dari produk asuransi. Anda juga dapat menghemat waktu dan tenaga, dengan cukup mendaftarkan diri secara online.

Dokumen Pengajuan Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan akan memberikan pertanggungan bagi Anda apabila telah menjadi pihak tertanggung. Anda dapat mendaftar secara individu maupun mengikutsertakan anggota keluarga.

Anda perlu mengetahui semua cakupan atau jaminan yang akan Anda dapatkan. Anda juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi kesehatan ditujukan untuk mengantisipasi biaya pengobatan dan perawatan kesehatan di masa yang akan datang. Hal ini bertujuan untuk menjamin kesehatan peserta asuransi dan meminalisir pengeluaran akibat kejadian tak terduga yang mengancam kesehatan.

Mendaftar asuransi kesehatan tentu membutuhkan dokumen-dokumen yang akan menjadi arsip dan bahan persetujuan pihak perusahaan asuransi kesehatan. Anda dapat mempersiapkan dokumen-dokumen untuk mendaftar asuransi kesehatan.

Dokumen untuk Mendaftar Asuransi Kesehatan:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akta Kelahiran

Simulasi Manfaat Asuransi Kesehatan

Program Asuransi Kesehatan

Jumlah premi Rp 500.000 selama 72 bulan tahun (Rp 500.000 x 120 = Rp 60.000.000)

Manfaat yang di dapat:

- Rawat inap

- Pertanggungan penyakit kritis

- Pertanggungan kecelakaan

- Manfaat nilai tunai

- Uang pertanggungan kematian untuk ahli waris

Istilah dalam Asuransi Kesehatan

Polis Asuransi

Polis Asuransi adalah suatu perjanjianasuransi atau pertanggungan yang bersifat konsensual (adanya kesepakatan), pada umumnya harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian.

Cashless

Kartu anggota asuransi kesehatan. Kartu ini berfungsi memudahkan tertanggung saat akan menjalani pengobatan. Penanggung akan melakukan pembayaran langsung ke rumah sakit rekanan

Premi

Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi. Besarnya premi atas keikutsertaan di asuransi yang harus dibayarkan telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan-keadaan dari tertanggung.

Tertanggung

Tertanggung adalah seseorang yang memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi, baik milik swasta ataupun milik Negara, jika anda membeli salah satu jasa asuransi anda bisa dikatakan sebagai pihan tertangguh.

Underwriting

Underwriting adalah proses penaksiran mortalitas atau morbiditas calon tertanggung untuk menetapkan apakah akan menerima atau menolak calon peserta dan menetapkan klasifikasi peserta

Reimburst

Peserta asuransi diharuskan membayar dengan biaya sendiri lalu dengan mekanisme tertentu dapat di minta pergantian biaya ke pada perusahaan asuransi tersebut.

Surat Jaminan Rawat Inap

Surat yang disampaikan oleh perusahaan asuransi kepada rumah sakit provider yang berisi jaminan pembayaran biaya-biaya rawat inap oleh perusahaan asuransi sejumlah maksimal tertentu untuk peserta asuransi kesehatan yang namanya tercantum dalam surat tersebut.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama