Memadaikah Perlindungan Asuransi Kesehatan Anda ?

Memiliki asuransi kesehatan sudah mampu menjamin seluruh pendanaan masalah kesehatan Anda ? Nanti dulu, baca kembali polis yang dimiliki, bisa jadi perlindungan yang diberikan hanya meng-cover sebagian kecilnya saja.

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengerti apa itu asuransi kesehatan dan seberapa pentingnya ia. Bila sudah memilikinya, pernahkah Anda berpikir kalau layanan perlindungan akibat penyakit dan kecelakaan tersebut sudah memadai atau belum ?

Terkadang, kita sering terbuai dengan anggapan kalau memiliki asuransi kesehatan maka akan benar-benar terlepas dari biaya rumah sakit. Apalagi kalau mendapatkannya dari fasilitas kantor, makin merasa bebas lah Anda.

Sudah memadaikan asuransi kesehatan Anda ?

Namun apa iya seperti itu ? Eits, nanti dulu, coba pelajari lagi proteksi yang diberikan perusahaan. Bisa jadi, Anda hanya diberikan asuransi murahan yang cuma menawarkan pembiayaan dalam jumlah terbatas dan kecil. Karena itu, jangan pede dulu.

Pertanyaannya, apa saja sih faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menilai memadai atau tidaknya asuransi kesehatan kita ? Ini dia ulasannya.

Jenis Asuransi Kesehatan

Berdasarkan benefit dan kerugian yang bisa didapat, asuransi kesehatan bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu :

1. Hospital Cash Plan

Asuransi kesehatan ini mewajibkan para pemilik polis untuk tetap mengumpulkan kwitansi asli rumah sakit, karena proses penggantian manfaat hanya dilakukan dengan memakai sistem reimburse. Jadi, Anda diharuskan untuk melakukan semua biaya pengobatan sendiri lebih dulu, baru kemudian mengajukan klaim guna mendapat penggantian sesuai ketentuan berlaku.

Keunggulan asuransi kesehatan Hospital Cash Plan adalah biaya premi yang biasanya rendah sehingga tidak akan menyulitkan keuangan. Namun memiliki kekurangan yaitu penggantian yang bisa didapat belum tentu menutupi seluruh biaya rumah sakit. Contoh produk sejenis yang menggunakan sistem reimburse adalah Avrist Basic Guard, Manulife ProHealth, dan lain-lain.

2. Hospital Benefit

Proteksi kesehatan jenis ini menawarkan proses penggantian biaya kesehatan dengan cara yang lebih praktis, karena kita tidak lagi memerlukan uang cash dalam proses pembayaran. Di mana Anda hanya perlu menggunakan kartu anggota atau member ketika akan dirawat. Nantinya, pihak asuransi akan langsung menjamin seluruh biaya kesehatan yang diperlukan kepada rumah sakit sesuai dengan ketentuan polis.

Kekurangan perlindungan ini adalah biaya premi yang biasanya cukup mahal. Namun, rasanya nilai minus tersebut bisa tertutupi dengan kemudahan yang ditawarkan. Contoh produk asuransi kesehatan yang menawarkan ini adalah AXA SmartCare Executive (Asuransi Kesehatan Perorangan).

Biaya Konsultasi atau Kunjungan Dokter

Jangan cuma mengganti biaya perawatan kamar inap atau pembelian obat saja, perhatikan juga apakah polis asuransi Anda sudah memasukkan perlindungan biaya konsultasi dengan dokter atau belum. Hal ini sangat berguna bagi siapapun yang sudah memiliki dokter kepercayaan selama bertahun-tahun.

Seandainya belum memiliki perlindungan ini, tidak salah juga untuk menambahkan layanan ini ke dalam polis, meski terkadang harus membayar premi yang lebih besar.

Rincian pembiayaan yang diberikan pihak asuransi

Nah, ini dia yang wajib diperhatikan, yaitu jenis manfaat yang termasuk dalam polis :

1. Rawat inap, rata-rata asuransi menawarkan perlindungan ini b    aik melalui reimburse atau tidak. Dalam hal ini, perhatikan berapa banyak biaya yang diganti serta berapa hari pengobatan di rumah sakit yang di-cover. Sebagai contoh, asuransi AXA SmartCare Executive yang memberikan biaya kamar perawatan hingga Rp 2.000.000 dengan lama maksimal 60 hari.

2. ICU, sama seperti rawat inap, perhatikan berapa biaya yang di-cover serta lama inap di ruangan tersebut. Contoh produk yang memiliki layanan ini adalah AIG Hospital Care Plus yang menawarkan rawat ICU selama 20 hari.

Lebih banyak perlindungan di asuransi kesehatan, maka lebih baik

3. Rawat jalan, berbeda dengan inap, tidak semua produk asuransi memberikan layanan ini. Namun, bila ada di dalam polis, lihat seberapa besar batas limit pergantiannya.

4. Perawatan dalam keadaan darurat, sangat berguna ketika Anda mengalami kecelakaan. Karena para pemegang polis bisa mendapat perlindungan kapanpun dan dimanapun ia butuhkan.

5. Biaya bedah, layanan ini sangat berguna bagi para pemegang polis yang membutuhkan pembedahan akibat penyakit atau kecelakaan. Ingat, kebutuhan operasi biasanya selalu terpisah dari rawat inap, jalan, dan ICU. Karena itu miliki asuransi kesehatan yang mempunyai benefit tersebut.

6. Obat resep, bila polis asuransi mencakup pergantian manfaat tersebut, maka Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan pembeliannya.

7. Layanan pencegahan, yaitu layanan khusus penanggulangan penyakit seperti imunisasi, mammogram, sampai anestesi sekalipun.

8. Penyakit yang dikecualikan, tidak semua asuransi mau melindungi seluruh penyakit yang Anda alami. Sebab terkadang ada beberapa masalah kesehatan yang tidak terproteksi seperti diabetes, kecanduan obat terlarang, AIDS, kanker, dan lain-lain.

9. Layanan lainnya, di samping berbagai proteksi di atas, perhatikan pula perlindungan lain yang belum tentu masuk dalam polis, seperti, tes laboratorium, perawatan kehamilan, melahirkan, gigi, mata, sampai proses rehabilitasi pasca kecelakaan.

Jadi, sudah memadai atau belum ?

Namun,apapun asuransi kesehatan yang dipilih, pastinya sebelum memutuskan untuk membelinya, jangan ragu untuk bertanya pada sang agen ataupun orang lain yang sudah menggunakannya. Hal ini berguna untuk memastikan apakah Anda sudah benar-benar mengerti hak manfaat yang bisa didapat, serta kewajiban yang mesti dilakukan.

Jadi, sudah merasa asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga sudah sesuai dengan kebutuhan ? Jika belum, ada baiknya untuk segera menambah jenis perlindungan yang belum dimiliki. Meski terkadang membutuhkan nilai premi yang lebih besar, namun cukup sebanding dengan keuntungan yang bisa diperoleh.

Ingat, makin banyak manfaat yang didapat dari asuransi Anda, akan lebih baik.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama