Kenali Jenis Asuransinya dan Ketahui Manfaatnya

Apakah Anda sedang mencari proteksi? Ingin mendaftar Asuransi? Sebelumnya kenali dulu jenis-jenisnya dan bagaimana manfaat yang didapatkan untuk Anda dan keluarga.

Industri Asuransi sudah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda terus berkembang hingga saat ini. Kita sendiri sudah tidak asing lagi mendegar kata Asuransi. Tetapi apakah Anda sudah ketahui jelas mengenai jenis Asuransi dan berbagai macam manfaatnya? 

Jika belum mari simak penjabarannya berikut ini.

Apa itu Asuransi?

Jenis Asuransi

Asuransi merupakan suatu bentuk manajemen potensi risiko dari hal-hal yang tak terduga seperti kerugian, kematian, kehilangan, kesehatan dan lain sebagainya, menggambarkan setiap tindakan yang diambil untuk perlindungan terhadap suatu risiko.

Jadi fungsi utama asuransi adalah sebagai mekanisme untuk mengalihkan risiko dari satu pihak (tertanggung) kepada pihak lain (penanggung). Peserta (pihak tertanggung) mempunyai kewajiban untuk bersedia membayar uang dalam jumlah tertentu yang disebut Premi, kepada pihak penanggung yaitu perusahaan asuransi.

Jenis dan Manfaat yang Didapat

Sebelum Anda mendaftarkan asuransi penting sekali untuk mengetahui jenis-jenisnya dan manfaat apa saja yang mungkin Anda dapatkan kelak jika terjadi hal-hal tidak terduga. Pada dasarnya asuransi dibagi kedalam tiga kategori besar yaitu kerugian, jiwa dan kehilangan.

Tetapi Perusahaan asuransi membuat kebijakan pengelompokan sesuai dengan fokus dan risiko untuk mereka.Bentuk yang paling umum yaitu kesehatan, jiwa dan kendaraan.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk yang khusus menjamin kesehatan dan perawatan pihak tertanggung akibat suatu penyakit, kecelakaan atau masalah kesehatan.

Mekanisme kerja asuransi kesehatan adalah peserta (pihak tertanggung) membayar premi per periode tertentu sesuai dengan perjanjian dengan pihak asuransi. Biasanya pada periode tersebut dibagi dalam 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau per tahun).

Premi yang dibayarkan pihak tertanggung pun berbeda-beda tergantung dengan tingkat pelayanan yang dipilih. Semakin lengkap dan mewah perawatan yang diberikan, maka semakin tinggi premi yang harus dibayar oleh tertanggung. Dalam perencanaan keuangan, pengeluaran untuk premi asuransi idealnya 10% dari pendapatan rutin

Manfaat apa yang kita dapat dari Asuransi Kesehatan? Secara umum, jenis perawatan atau program yang tersedia adalah manfaat rawat inap (inpatient), rawat jalan (outpatient), keadaan darurat, biaya persalinan dan komplikasi kelahiran, manfaat perawatan mata dan gigi, serta santunan kematian.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa dan Keluarga

Asuransi jiwa (Asji) adalah kontrak antara pihak pemegang asuransi dan perusahaan penyedia asuransi, dimana penyedia berjanji membayar sejumlah uang pertanggungan jika pihak pemegang meninggal dunia, dengan ganti premi yang dibayarkan per bulan. 

Premi yang sudah dibayarkan nantinya akan dibagikan kepada ahli waris dari anggota yang sudah meninggal sesuai dengan jumlah iuran yang dibayar semasa hidup. Asuransi jiwa berfungsi sebagai pelindung atas risiko finansial karena kematian si pencari nafkah, menanggung kebutuhan keluarga, biaya sekolah anak sampai mandiri hingga membantu orang tua dan kerabat.

Sebelum Anda mendaftar asuransi jiwa ketahui dulu seberapa besar Anda perlu melindungi keluarga. Hitung juga berapa banyak dana yang diperlukan jika pendapatan rutin yang biasanya digunakan sebagai biaya hidup sehari-hari mendadak tidak ada lagi.

Penghasilan seseorang tidak boleh habis hanya untuk membayar premi asuransi. Rasio ideal untuk pembayaran premi (total) per tahun adalah maksimum 15% dari pendapatan.

3. Asuransi Kendaraan

Perlindungan mobil terbaik

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang ditujukan khusus untuk keendaraan, dimana risiko kemungkinan yang terjadi pada kendaraan akan dialihkan kepada peruasahaan asuransi

Bentuk Perlindungan yang Diberikan: Berbagai jasa asuransi menawarkan fasilitas perlindungan yang beragam. Perlindungan dasar yang ada di setiap asuransi kendaraan biasanya adalah perlindungan kompehensif (all cover) dan perlingungan kerugian total (total loss only)

Untuk perlindungan komprehensif memberikan jaminan ganti rugi/biaya perbaikan atas kehilangan, kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kebakaran, pencurian, perampasan, tabrakan, atau kecelakaan lalu lintas.

Sedangkan Asuransi Kerugian Total (Total Loss Only/TLO) menjamin kerugian akibat dari kecelakaan dengan minimum kerusakan 75% dari harga pertanggungan atau kendaraan hilang.

Semoga dapat membantu Anda dalam memilih produk asuransi yang tepat

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • hasan

    Satu lagi yang belum masuk yaitu asuransi pendidikan. Yang pasti, setiap tahun banyak bayi yang lahir dan harus diberikan pengetahuan seperti belajar dan biaya pendidikan sangat mahal setiap tahun naik. Maka asuransi pendidikan dianjurkan untuk anak kita yang ingin dipermudah dalam belajar saat usia beranjak dewasa.

    Reply
    • KreditGoGo

      Bapak Hasan, terima kasih atas masukan dan informasinya. :)

      Reply