Inilah Alasan Mengapa Asuransi itu Penting

Tingkat kesadaran masyarakat akan Asuransi masih rendah, banyak yang belum memiliki asuransi. Lalu seberapa penting asuransi untuk Anda dan keluarga?

jenis produk asuransi

Kesadaran masyarakat akan asuransi di Indonesia memang masih terbilang rendah. Rupanya jumlah penduduk Indonesia yang belum bersentuhan dengan asuransi masih sangat besar.

Mengutip dari kontan.co.id, menurut Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), bahwa dari total 240 juta penduduk di Indonesia, baru 43,7 juta jiwa yang memiliki perlindungan jiwa. Ini artinya masih ada 196,3 juta yang belum memiliki asuransi

Selain itu dari sudut pandang industri asuransi tingkat penetrasi asuransi terhadap penduduk Indonesia masih kecil hanya 1,8 persen atau sekitar 719.000 jiwa dari 240 juta jumlah penduduk Indonesia. Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya pengethuan masyarakat akan pentingnya asuransi.

Lantas seberapa pentingkah asuransi untuk Anda dan keluarga? Berikut ini 5 alasan mengapa asuransi itu penting.

1. Melindungi Keluarga dan Orang tercinta

asuransi jiwa dan kesehatan

Keluarga adalah bagian terpenting, untuk melindungi mereka danorang tercinta dari kejadian-kejadian tidak terduga adalah pilihan tepat untuk segera membuat asuransi. Kejadian-kejadian tidak terduga seperti kecelakaan, sakit, atau bahkan samapi kematian datang tanpa Anda duga.

Asuransi penting jika sewaktu-waktu kejadian buruk menimpa Anda dan keluarga. Misalnya saja jika kepala keluarga sakit keras ataupun sampai menyebabkan kematian, siapakah yang akan membiayai kebutuhan keluarga dan masalah finansial lainnya? 

Jika Anda memiliki asuransi jiwa tentunya tidak perlu khawatir. Sebab asuransi jiwa akan mengatasi semua masalah finansial ketika sumber penghasilan utama keluarga meninggal dunia. 

Asuransi jiwa berfungsi sebagai pelindung atas risiko finansial karena kematian si pencari nafkah, menanggung kebutuhan keluarga, biaya sekolah anak sampai mandiri hingga membantu orangtua.

2. Antisipasi untuk Kejadian Tidak Terduga

asuransi kendaraan

Sedia payung sebelum hujan, asuransi berguna untuk mengantisipasi dari kejadian tidak terduga. Kita tidak akan tahu kapan musibah atau kecelakaan akan menimpa Anda. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat.

Untuk itu disaat seperti itulah peran asuransi sangat dibutuhkan. Misalnya, asuransi kesehatan, untuk meng-cover segala biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika hal itu terjadi. 

Bahkan ketika pemilik asuransi yang juga berperan sebagai pencari nafkah mendapatkan penyakit berat dan menyebabkan dirinya tidak mampu lagi bekerja untuk menghidupi keluarga. 

Asuransi akan membantu Anda mengatasi keuangan keluarga yang berubah secara drastis ketika hal-hal tersebut terjadi. Ataupun ketika terjadi kecelakaan, Asuransi kendaraan dapat melindungi kendaraan Anda.

Asuransi kendaraan memberikan jaminan ganti rugi ataupun biaya perbaikan atas kehilangan, kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kebakaran, pencurian, perampasan, tabrakan, atau kecelakaan lalu lintas.

3. Untuk Menyusun Rencana Masa Depan

persiapkan rencana keuangan

Masa depan anggota keluarga khususnya anak sangat penting, seperti pendidikan anak harus disiapkan sejak dini. Terlebih lagi dengan kondisi biaya pendidikan yang selalu naik setiap tahun. Jika Anda tidak memiliki persiapan pasti akan sangat berat jika ingin anak terjamin pendidikannya sampai dia lulus.

Asuransi pendidikan akan menjamin dana pendidikan anak tercapai disaat kondisi pencari nafkah sakit kritis atau bahkan meninggal dunia. Selain itu asuransi pendidikan juga memberikan manfaat sebagai investasi, yaitu dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang anda bayarkan.

Nantinya perusahaan asuransi akan memberikan dana tunai yang besarnya sudah disepakati dalam polis dan bisa dicairkan sesuai dengan waktu yang ditentukan, hat tersebut agar sesuai dengan waktu sekolah anak. Hasil investasi yang diberikan umumnya lebih tinggi dari pada tabungan pendidikan.

4. Keamanan Finansial

keamanan finansial

Asuransi dapat memberikan keamanan finansial untuk seluruh anggota keluarga, sebab dapat mengurangi risiko yang berkaitan dengan perekonomian. Selain menjamin pendidikan dan masa depan anak, asuransi dapat menanggung masalah finansial disaat sumber penghasilan keluarga berkurang atau tidak ada.

5. Memberikan Ketenangan

silence

Dengan berbagai manfaat yang diberikan oleh asuransi Anda dapat merasa tenang akan masa depan keluarga. Asuransi dapat membantu menyediakan perlindungan dan kepastian untuk seluruh anggota keluarga dari hal-hal yang tidak terduga. 

Jadi Anda dapat merasakan ketenangan karena mengetahui keluarganya tidak akan terlantar saat sesuatu yang tidak terduga terjadi seperti kematian.

Anda bisa memulai memikirkannya dari sekarang untuk memilih produk asuransi yang paling tepat. Yang perlu diingat sebelum membeli produk asuransi pelajari dahulu tentang bagaimana polisnya dan apa saja yang ditanggung oleh asuransi.

Baca juga: 9 Alasan Kenapa Asuransi Penyakit Kritis Itu Penting

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama