Ini Dia Jenis Pertanggungan yang Dicover BPJS Kesehatan

Layanan BPJS Kesehatan memang dirasa cukup membantu masyarakat Indonesia saat ini. Namun apa sajakah layanan kesehatan yang dapat ditanggung oleh BPJS?

Pelayanan BPJS kesehatan memang dirasa cukup membantu masyarakan mulai dari masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah atas. Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memang belum sempurna. Masih ada peserta yang merasa tidak puas.

Selain itu banyak masyarakat masih bingung fasilitas yang di dapat setelah bergabung dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Nah, agar Anda lebih jelas mengenai manfaat yang diberikan dan jaminan apa saja yang bisa di dapat, berikut ini kami lampirkan pertanggungan apa saja yang dicover BPJS Kesehatan

Layanan Kesehatan yang Ditanggung BPJS

Menurut surat keputusan dan aturan yang telah ditetapkan BPJS dalam nomor28 Tahun 2014, BPJS akan menanggung semua pengobatan yang memenuhi syarat dan prosedur.

Prosedurnya seperti Apa?

Peserta BPJS Kesehatan dapat berobat ke faskes 1 dan kemudian jika faskes 1 tidak dapat menangani maka peserta akan di rujuk ke rumah sakit yang berkerjasama dengan pihak BPJS.

Pemeriksaan, obat-obatan dan laboratorium sepanjang sesuai indikasi medis dan sesuai prosedur pelayanan yang ada akan ditanggung oleh pelayanan BPJS Kesehatan. Bahkan bukan hanya itu, hampir seluruh pengobatan dan operasi berbagai macam penyakit juga dicover oleh BPJS Kesehatan

Pelayanan operasi seperti apa yang ditanggung BPJS? Bisa dikatakan hampir semua Operasi ditanggung BPJS. Contohnya seperti Operasi Jantung, Operasi Caesar, OperasiKista, Operasi Miom, Operasi Tumor, Operasi Odontektomi, Operasi Bedah Mulut, Operasi Usus Buntu, Operasi Batu Empedu, Operasi Mata, Operasi Bedah Vaskuler, Operasi Katarak, Operasi Hernia, Operasi Amandel, Operasi Kaner, Operasi Pencabutan Pen, Operasi Penggantian Sendi Lutut, Operasi Timetomi, Operasi Kelenjar Getah Bening.

Asalkan semuanya sesuai dengan prosedur operasi besar yang memakan banyak biaya dapat dicover oleh BPJS. Tidak hanya operasi, penyakit lain seperti penderita gagal ginjal yang diharuskan cuci ginjal dengan biaya yang tidak sedikit juga akan dicover oleh BPJS.

Namun, ada beberapa kondisi pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS, nah apa saja sih pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan tersebut?

Layanan Kesehatan yang Tidak Ditanggung BPJS

1. Operasi

Walaupun hampir semua operasi dapat ditanggung ada beberapa kondisi pelayanan beberapa operasi tidak bisa dicover oleh BPJS. Operasi apa saja itu? Operasi yang disebabkan karena kecelakaan lalu lintas, karena itu menjadi tanggung jawab dari Jasa Raharja.

Operasi yang disebabkan karena efek dari salah penggunaan kosmetik, misalnya terjadi infeksi dan kemudian mengalami luka yang mengharuskan operasi keloid. Dan operasi yang disebabkan karena kesalahan diri sendiri, misalnya seseorang bermain petasan yang menyebabkan dirinya terluka.

2. Pelayanan Infertilitas

Infertil merupakan suatu keadaan dimana pasangan suami istri belum bisa memiliki anak karena kondisi organ reproduksi yang tidak subur. Program BPJS Kesehatan tidak memberikan pelayanan untuk mengatasi Infertilitas, sehingga untuk mengatasi ketidaksuburan tersebut Anda perlu mengeluarkan dana pribadi.

3. Penyakit Karena Ketergantungan Obat

Untuk Anda yang memiliki penyakit karena ketergantungan obat-obatan Anda tidak akan bisa memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan. dalam peraturan yang ditetapkan penyakit karena ketergantungan obat tidak akan ditanggung oleh layanan BPJS Kesehatan.

4. Penyakit Karena Bencana Dan Wabah

Penyakit yang disebabkan oleh bencana atau wabah tertentu tidak dapat dicover oleh BPJS, sebab itu belum masuk dalam daftar penyakit yang ditanggung program BPJS Kesehatan. Jadi apabila nanti di daerah Anda sedang terserang wabah atau penyakit mematikan maka tidak bisa mengklaim pengobatan menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

5. Meratakan Gigi (Ortodonsi)

Untuk Anda yang memiliki tidak rata dan menginginkan perawatan gigi seperti memasang behel & bracket pastikan Anda memiliki uang yang cukup untuk melakukan perawatan tersebut. Mengapa? Karena layanan kesehatan pemerataan gigi tidak termasuk layanan kesehatan yang dicover oleh BPJS Kesehatan.

Setelah membaca layanan-layanan mana saja yang dicover oleh BPJS Kesehatan Anda bisa lebih mengerti dan paham mana yang ditanggung dan tidak. Poin yang paling penting agar pelayanan BPJS kesehatan dapat dirasakan maksimal adalah Anda mengikuti semua prosedurnya dengan baik.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Jiwa

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama