Ingat Sehat, Lakukan Olahraga Ringan di Kantor

Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk 12 jam sehari. Itulah kenapa sekadar duduk saja di kantor dapat mendatangkan sakit, nyeri punggung, hingga penyakit serius.

Penelitian juga menemukan bahwa duduk terlalu lama, seperti saat bekerja di kantor, dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis, mulai dari penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini.

Ternyata ada beberapa ancaman penyakit bagi pekerja kantoran antara lain: 

Olahraga di kantor

1. Sakit Jantung

Posisi duduk yang dilakukan selama berjam-jam saat bekerja ternyata dapat mempengaruhi peningkatan risiko penyakit jantung. Tidak hanya risiko jantung, namun juga hipertensi dan peningkatan kolesterol.

Duduk di kantor dengan jam kerja yang lama akan menyebabkan aliran darah tidak berjalan lancar.Akibatnya terjadi penimbunan lemak di dalam tubuh yang menyumbat arteri, sehingga mengakibatkan serangan jantung.

2. Kanker

Kanker merupakan penyakit pembunuh yang sulit disembuhkan. Kasus kanker usus banyak terjadi pada pekerja kantoran yang sering menghabiskan waktu yang lama di depan komputer.

Bagi pekerja perempuan, ada pula risiko terserang kanker payudara. Ini dikarenakan tidak ada pembakaran kalori di dalam tubuh dan tubuh cenderung pasif untuk berinteraksi dengan lingkungan.

3. Obesitas

Banyak pekerja kantoran mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Kekurangan aktivitas fisik menjadi alasan utama mengapa obesitas terjadi pada sebagian besar pekerja kantor. Diketahui juga beberapa penyaki serius timbul karena faktor kegemukan.

4. Depresi

Munculnya depresi dipicu oleh gaya hidup yang dilakukan oleh para pekerja kantoran. Gerak tubuh yang cenderung pasif membuat manusia cepat lemas dan mengalami penurunan fungsi otak. Terlambatnya aliran darah pada otak itulah yang kemudian mengakibatkan depresi.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah datangnya penyakit-penyakit kronis? Sebenarnya Anda tak perlu pusing dan ribet, Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan di kantor.

Olahraga Ringan Kurangi Penyakit

Duduk terlalu lama berisiko berdampak kepada kemampuan tubuh untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah dan memperlambat metabolisme lemak tubuh. Untuk itu penting sekali disela-sela kerja Anda melakukan aktivitas ringan.

Penelitian menemukan bahwa bahkan sekadar 15 menit gerakan tiap hari dapat berdampak sama dengan olahraga 60 menit, terutama jika Anda dapat meningkatkan intensitas gerakan.

Gerakan-gerakan sederhana ini dapat berperan meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah ke otot, sehingga Anda merasa lebih sehat dan lebih siap mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

Berikut ini KreditGoGo mencoba merangkum dari berbagai sumber berbagai jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan di sela-sela Anda bekerja di kantor.

1. Istirahat Sejenak Dari Layar Monitor

mata lelah

Terlalu lama menatap layar komputer akan mudah membuat Anda lelah. Alihkan fokus dan perhatian dari layar komputer setiap 30 menit atau lebih dengan melihat pemandangan lain seperti jendela, jam, meja atau pintu.

Hal ini membantu meningkatkan gerakan mata dan mengurangi kemungkinan iritasi mata dan sakit kepala. Teknik lain untuk bersantai adalah menggosok-gosokkan tangan bersama-sama lalu meletakkannya di mata.

2. Napas Dalam

tarik napas dalam

Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dengan menggunakan otot perut.Tahan perut selama beberapa detik ketika bernapas dan kemudian lepaskan bersamaan dengan mengeluarkan napas. Jika memungkinkan cobalah menghirup udara segar segar untuk paru-paru dengan berjalan-jalan di luar.

3. Peregangan Telapak Tangan

Berdiri di depan meja Anda. Letakkan kedua tangan di atas meja, dengan posisi jari-jari menghadap ke arah Anda. Kemudian, turunkan tubuh perlahan hingga Anda merasakan peregangan. Tahan selama 15 detik, kemudian kembali berdiri tegak.

4. Melayang di Atas Kursi

Duduklah bersila di atas kursi Anda. Letakkan kedua tangan di masing-masing pegangan tangan pada kursi, tahan perutmu dan angkat tubuh Anda beberapa senti di atas kursi menggunakan kekuatan otot perut, lengan dan tangan. Tahan selama 10 sampai 20 detik, turun, istirahatlah 30 detik, kemudian ulangi lima kali.

5. Peregangan Kaki

peregangan kaki

Duduk di kursi Anda dan panjangkan satu kaki lurus di depan. Tahan posisi tersebut selama dua detik, kemudian naikkan setinggi mungkin. Tahan lagi dua detik, kemudian turunkan kaki Anda secara perlahan ke posisi semua. Ulangi 15 kali untuk masing-masing kaki.

Pentingnya Lindungi Diri

perlindungan diri

Tak hanya menjaga kesehatan dan rajin berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat, khususnya pekerja kantoran risiko penyakit bisa saja datang kapan pun tanpa kenal waktu dan keadaan. Jadi untuk melindungi diri dari risiko terburuk Anda wajib melengkapi dengan asuransi kesehatan terbaik.

Asuransi kesehatan dengan pertanggungan perawatan rumah sakit yang optimal salah satunya adalah Asuransi Mandiri Hospitalife. Asuransi Mandiri Hospitalife adalah perlindungan asuransi kesehatan dengan memberikan manfaat uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia.

Keuntungan lainnya dari produk asuransi ini adalah Anda hanya perlu bayar premi cukup 4 tahun, namun pertanggungan yang diterima hingga 12 tahun. Lengkapi hidup Anda dengan perlindungan terbaik. Anda bisa mendaftarkan diri melalui KreditGoGo.com, dan bonus khusus GRATIS asuransi kecelakaan untuk 2 Bulan.

Baca juga:
Ancaman Penyakit untuk Wanita Perokok Berat
Asuransi Tepat, Cara Workaholics Antisipasi Penyakit Tropis

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama