Cara Aman Lindungi Diri dari Penyakit Musim Hujan

Ganasnya musim hujan tahun ini menyebabkan bencana yang tidak terduga. Cuaca berubah-ubah dan penyakit mudah menyerang, sehingga Anda butuh perlindungan kesehatan yang maksimal.

Curah hujan yang tetap tinggi di musim kemaraulah yang menimbulkan timbulnya potensi-potensi banjir di berbagai daerah di Indonesia. Memang saat ini terjadi peralihan musim dan cuaca ekstrem di Indonesia.

 banjir di Indonesia

Peralihan Musim dan Cuaca Ekstrem

Beberapa hari terakhir wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) kerap dilanda hujan deras angin kencang disertai petir pada sore hari. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyatakan hal itu merupakan dampak dari La Nina.

Fenomena La Nina ini menyebabkan bertambahnya pasokan uap air yang menyebabkan bertambahnya curah hujan untuk wilayah Indonesia bagian barat, termasuk Pulau Jawa. Walupun masih musim kemarau, karena ada La Nina musim kemarau jadi basah.

Fenomena itu masih akan berlangsung sampai akhir bulan kemarau yakni bulan Juli, Agustus dan September.Dampak peralihan musim dan cuaca ekstrem biasanya mudah memicu banyak penyakit menyerang Anda. Berikut penyakit khas musim hujan yang patut Anda kenali:

Peralihan Musim dan Cuaca Ekstrem

1. Flu dan Batuk

Penyakit yang paling mudah menyerang tubuh adalah flu dan batuk. Temperatur udara yang labil memengaruhi kondisi panas tubuh. Tubuh yang terekspos kelembapan terus-menerus akan menimbulkan kedinginan, flu dan batuk.

Ketiga hal ini merupakan gejala awal timbulnya demam. Tubuh yang terkena air hujan dan tak segera kering secara benarjuga berisiko tinggi mendatangkan demam. Demam lebih giat bekerja di musim hujan, mulai dari demam ringan hingga berat yang bisa berlangsung dari 3-7 hari.


 Demam Berdarah

2. Demam Berdarah

Di Indonesia, demam berdarah ‘memakan’ korban tertinggi selama musim hujan. Tercatat sebanyak 48.905 orang terjangkit demam berdarah hingga pertengahan Juni 2016, 376 di antaranya meninggal.

Dengan angka tinggi seperti ini, maka penyakit demam berdarah di Indonesia telah menjadi endemi, yaitu bisa terjadi sepanjang tahun—tak hanya di musim hujan. Untuk mencegahnya, jangan meremehkan genangan air ataupun wadah apa pun yang menampung air selama musim hujan.

Genangan ataupun tampungan air merupakan sumber berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk amat aktif bekerja di musim ini. Jika terjangkit virus dengue, maka seseorang harus mengembalikan daya tahan tubuhnya dengan mengonsumsi asupan bergizi.

3. Diare

Pada saat curah hujan tinggi yang disertai dengan debu yang beterbangan akan membuat banjir dan risiko tercemarnya makanan dan minuman menjadi lebih tinggi, sehingga menyebabkan kuman dan parasit pemicu diare menjadi meningkat.

Pencegahan diare dapat dilakukan dengan cara menghindari menggunakan air hujan untuk mencuci peralatan dapur dan alat makanan karena dapat menimbulkan risiko terkena kuman yang masuk kedalam tubuh akan lebih besar.

4. Tifus

Penyakit tifus sering kali menyerang, apalagi anak-anak yang rentan dengan penyakit tersebut di musim penghujan. Penyakit ini seringkali berada di dalam air yang kotor, yang banyak terdapat kuman salmonella typhosa, pemicu tifus pada anak.

Untuk menghindarinya Anda dapat melakukan beberapa pencegahan diantaranya adalah memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak, hindari mengonsumsi jajanan yang tidak sehat.

asuransi untuk keluarga

Lindungi Diri dari Penyakit Musim Hujan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit, menurut ahli di antaranya hindari menyentuh wajah ketika tangan kotor, biasakan mencuci tangan, lakukan faksinasi flu, tetap aktif berolahraga dan jaga hidup sehat.

Selain menjaga kesehatan tubuh Anda juga perlu melindungi diri dan keluarga dengan perlindungan kesehatan yang prima. Anda tidak akan tahu seberapa parah penyakit-penyakit tersebut menyerang tubuh, sehingga jika sampai memerlukan perawatan insentif Anda tidak perlu pusing dan selalu siap kapan pun.

Tingginya biaya kesehatan membuat Anda tidak cukup hanya menjaga kesehatan, sehingga mulailah melindunginya dengan produk asuransi yang bisa menjamin biaya perawatan ketika ketika diserang penyakit.

Asuransi Mandiri Hospitalife memberikan perlindungan asuransi kesehatan dengan manfaat uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia. Produk asuransi ini memberikan manfaat untuk pihak tertanggung berupa santunan rawat inap, hingga 2X santunan rawat inap untuk penyakit tropis (Demam Berdarah & Malaria).

Dengan perlindungan asuransi kesehatan yang tepat Anda tidak perlu khawatir jika memerlukan biaya perawatan di rumah sakit. Waspada selalu dari risiko penyakit yang mungkin menyerang di musim yang tidak tentu ini, dan manfaatkan perlidungan maksimal dari asuransi terpercaya! 

Baca juga:
Sedia Asuransi, Sebelum Kebanjiran
Asuransi Tepat, Cara Workaholics Antisipasi Penyakit Tropis

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama