Asuransi yang 'Menguntungkan'?

Pentingkah asuransi? Seberapa jauh kita perlu berasuransi? Lalu, ada tidak sih asuransi yang malah 'buntung'? Ingat, produk asuransi yang beredar cukup banyak. Memilih yang tepat untuk kehidupan Anda, itu baru disebut 'untung'.

  1. Asuransi yang 'menguntungkan'
  2. Asuransi terpercaya
  3. Asuransi kurang terpercaya
  4. Besaran asuransi dari pendapatan

Pentingkah asuransi? Seberapa jauh kita perlu berasuransi? Tidak bisa tidak, asuransi telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Coba Anda bayangkan hidup tanpa asuransi? Siapa yang akan bayar biaya rumah sakit? Jika sakit keras, berapa biaya yang harus ditanggung? 

Lalu, ada tidak sih asuransi yang malah 'buntung'? Harus diingat, produk asuransi yang beredar cukup banyak. Memilih yang tepat untuk kehidupan Anda, itu baru disebut 'untung'. Nah, bagi Anda pekerja kantoran, atau pengusaha muda, perlindungan finansial sangat membantu. Tipe asuransi ini tentu meringankan sang pemegang asuransi ketika melakukan bisnis. 

Asuransi adalah produk keuangan yang juga bisa menimbulkan kecemasan. Kecemasan dalam hal apa? Tentu ketika pihak asuransi tidak dapat mencairkan dana. Atau, malah balik memojokkan sang pemilik polis.

Ternyata, ada langkah-langkah yang harus dipatuhi kedua pihak. Itu mesti dilakukan agar kerja sama pembeli dan penjual asuransi dapat berjalan searah. 

1. Dapatkan penjelasan detail mengenai hak dan kewajiban Anda sebagai pemegang polis

2. Tanyakan juga apa benefit jika bergabung dengan perusahaan itu. Apa saja klausul yang diganti rugi oleh mereka? 

3. Pertimbangkan juga benefit bagi istri/suami dan anak-anak Anda

Oke, katakan Anda sudah mantap pilih asuransi. Pastikan Anda jangan salah pilih. Pada dasarnya, besaran premi asuransi disesuaikan dengan kemampuan seseorang. Kisarannya 10%-15% dari pendapatan. Pembayaran bisa dilakukan tahunan, semester, triwulan, bulanan, maupun satu kali bayar. Jika Anda ingin sistem pembayaran satu kali bayar, pastikan Anda memiliki dana lebih.

Intinya, asuransi kurang tepat untuk menabung, atau bahkan investasi. Asuransi adalah proteksi untuk Anda dan keluarga. Ibarat payung di kala hujan.

Karena itu, manfaatnya akan terasa di saat hujan. Jadi, sebaiknya Anda jangan setengah-setengah mengambil keputusan. Ceroboh dalam memilih polis asuransi, Anda tak akan dapat untung, malah buntung.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama