Asuransi Jiwa Sebagai “Penyelamat” Keluarga Anda

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, produk asuransi jiwa dianggap tidak terlalu penting. Padahal fungsi asuransi jiwa dapat menjadi penunjang finansial anak dan istri Anda sebagai ahli waris ketika nanti Anda meninggal.

  • asuransi jiwa dinilai sangat penting
  • dapat menjadi sumber penghasilan
  • tabungan jelang hari tua

Kematian merupakan sebuah kepastian dalam kehidupan makhluk hidup, terutama manusia. Dalam kematian yang terjadi pada manusia, kesedihan akan muncul dan melanda orang-orang terdekat kita. Sekarang yang menjadi pertanyaan, apa yang akan kita tinggalkan bagi orang-orang tercinta kita nanti jika kita telah meninggal. Jangan sampai kesedihan yang muncul akan menjadi bertambah jika keluarga atau orang-orang yang Anda cintai justru merasa sangat kehilangan, apalagi Anda seorang laki-laki yang juga merupakan kepala keluarga.

Sebagai kepala keluarga yang merupakan tulang punggung perekonomian keluarga, posisi Anda sangat penting. Maka dari itu butuh sebuah proteksi yang maksimal terhadap kondisi finansial. Bentuk proteksi disini dinamakan asuransi jiwa, instrumen finansial yang diperuntukan sebagai penyelamat keluarga Anda dan orang-orang yang dicintai jika suatu saat Anda meninggal. Asuransi Jiwa dinilai sangat penting mengingat kebutuhan finansial keluarga Anda akan terus berjalan meski Anda telah meninggal. Tingginya biaya hidup menjadi persoalan sehingga Anda harus memikirkan mengenai keluarga Anda nantinya.

Itulah mengapa asuransi jiwa memang utamanya diperuntukkan bagi seorang pria yang sekaligus merupakan ayah dan istri. Dengan memiliki asuransi jiwa, setidaknya Anda telah memberikan waris dan pelindung secara finansial bagi keluarga Anda. Beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh dari asuransi jiwa diantaranya ialah :

Dapat Menjadi Sumber Penghasilan

Dampak turunan dari asuransi jiwa ialah sebagai pengganti sumber penghasilan jika Anda meninggal nanti. Jenis pertanggungan yang dikeluarkan nantinya akan berbentuk tunai, yang dimana nantinya akan diberikan kepada ahli waris. Tiap perusahaan asuransi yang memiliki asuransi jiwa biasanya menawarkan periode pertanggungan sekaligus atau dipecah beberapa kali sehingga ahli waris dapat memperoleh pertanggungan secara rutin. Manfaat tersebut merupakan sebuah keuntungan utama dari asuransi jiwa sebagai perlindungan finansial pasca Anda meninggal.

Tabungan Jelang Hari Tua

Dengan membeli produk asuransi jiwa, berarti Anda telah melakukan sebuah program tabungan yang diperuntukan untuk masa tua Anda. Nantinya asset yang Anda miliki dalam bentuk tunai hasil dari pertanggungan klaim asuransi jiwa dapat dijadikan sebagai pegangan guna menunjang sisi finansial ahli waris Anda. Dana yang menjadi pertanggungan dapat digunakan oleh ahli waris Anda dapat dijadikan sebagai permodalan bisnis atau menunjang kebutuhan lainnya.

Dengan dua manfaat tersebut, kita dapat melihat bahwa sesungguhnya fungsi produk asuransi jiwa sangatlah penting. Namun bagi kebanyakan orang Indonesia, produk asuransi kadang hanya dianggap sebelah mata. Fungsi asuransi sebagai produk proteksi bahkan masih sulit diterima. Bahkan lebih parahnya, masyarakat kita terkadang justru mengsalahartikan suatu produk dan lalu membeli produk yang justru bukan berdasarkan kebutuhan. Misalnya kini banyak orang tua yang justru membelikan produk asuransi jiwa ke anaknya. Membelikan produk asuransi jiwa ke anak bukanlah merupakan pilihan yang tepat dan dinilai mahal dari sisi pembayaran premi asuransi mengingat secara usia masih muda dan masih jauh dari kisaran usia tua yang rentan akan potensi kematian.

Sebagaimana produk finansial lainnya, produk asuransi dibutuhkan sebuah kecermatan dalam mengukur seberapa besar kebutuhan Anda untuk memiliki asuransi. Jika memang Anda telah menikah, tidak ada salahnya untuk membeli produk asuransi jiwa. Dengan premi yang dibayarkan tiap bulannya, berarti Anda telah peduli dengan nasib ahli waris Anda yang nantinya akan Anda tinggalkan.

(source image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama