Apa Sih Asuransi Kecelakaan Diri Itu?

Asuransi kecelakaan diri melindungi Anda dari segala jenis kecelakaan, bahkan hingga yang menyebabkan kematian. Jika begitu, apa bedanya dengan Asuransi Jiwa?

Asuransi Kesehatan

Terdapat beragam risiko yang mungkin terjadi setiap harinya dalam kehidupan seseorang. Baik risiko penyakit, kecelakaan ataupun meninggal dunia. Melindungi diri dari risiko tersebut dengan asuransi merupakan cara bijaksana mempersiapkan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi di masa depan.

Kecelakaan pada diri bisa terjadi dimanapun, seperti terpeleset di kamar mandi, terjatuh dari tangga, tersandung benda tertentu yang membuat kesakitan, hingga hal fatal seperti kecelakaan kendaraan yang mengakibatkan kematian.

Untuk melindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan atau risiko semacam itu, ada beragam manfaat asuransi bagi masyarakat yang bisa digunakan. Ada banyak pilihan asuransi – mulai dari kesehatan, kendaraan, jiwa, perjalanan, kecelakaan diri, dan lain-lain.

Namun, dari semua pilihan asuransi tersebut apakah seseorang masih membutuhkan asuransi kecelakaan diri (personal accident insurance)? Sebelum memilih jenis asuransi yang tepat untuk Anda mari kita lihat perbedaan mengenai asuransi kecelakaan diri dengan asuransi jiwa pada umumnya.

Apa itu Asuransi Kecelakaan Diri?

asuransi kecelakaan dir

Banyak dari kita menganggap bahwa asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang akan melindungi kita dari risiko terjadinya kecelakaan akibat kecelakan kendaraan bermotor. Jika begitu apa bedanya dengan asuransi kecelakaan atau asuransi jiwa?

Sebenarnya asuransi kecelakaan diri adalah sebuah Pertanggungan yang memberikan jaminan/proteksi atas Kematian; Cacat tetap; dan/atau biaya-biaya perawatan atau pengobatan sebagai akibat adanya suatu kecelakaan

Jadi asuransi kecelakaan diri bukan hanya melindungi kita dari kecelakaan akibat kendaraan bermotor, tetapi juga menjamin risiko kematian dan cacat tetap yang disebabkan oleh suatu kecelakaan atau kejadian yang datangnya tiba-tiba, tidak direncanakan, dari luar yang mengakibatkan kematian maupun cacat tetap.

Contohnya adalah seperti, kecelakaan pada saat bekerja, kecelakaan saat berkendara, termasuk juga kejadian seperti keracunan akibat terhirup gas atau uap beracun, mati lemas atau tenggelam.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa

Manfaat yang Diberikan

form klaim asuransi

Asuransi kecelakaan diri mempunyai manfaat yang akan membantu pemegang polis. Seperti penjelasan diatas asuransi kecelakaan diri melindungi diri dari risiko meninggal dunia, risiko cacat tetap, dan risiko pengobatan atau perawatan di rumah sakit.

Jadi hal-hal yang berkaitan dengan risiko kecelakaan bisa dilindungi. Selain itu, asuransi kecelakaan diri tidak hanya melindungi Anda dari risiko kecelakaan kendaraan saja. Beberapa risiko lain juga dilindungi oleh asuransi kecelakaan diri.

Misalnya adalah seperti: keracunan karena gas karena perbuatan orang jahat, terpapar zat-zat yang mengandung hama penyakit, mati lemas atau terbenam, dan terasing di tempat sepi karena bencana.

Meskipun asuransi kecelakaan diri mengcover semua jenis kecelakaan namun ada beberapa pengecualian hal-hal penyebab dari kecelakaan yang tidak dijamin. Contohnya seperti bungy jumping, perlombaan kecepatan atau ketangkasan mobil atau motor serta olah raga udara dan air.

Selain itu Asuransi kecelakaan diri juga tidak menjamin kecelakaan yang disebabkan karena melakukan atau melanggar peraturan dan perundang-undangan, kerusuhan, huru hara, pemberotakkan dan juga perang.

Lalu kecelakaan yang disebabkan atau ditimbulkan karena tertanggung menjalankan tugas sebagai dinas kemiliteran atau kepolisian juga akan menjadi pengecualian atau tidak dijamin oleh perusahaan Asuransi.

Perbedaan dengan Asuransi Jiwa

Setelah membaca penjelasan diatas, lalu apakah perbedaannya asuransi kecelakaan diri dengan asuransi jiwa?

Jika asuransi jiwa reguler umumnya mencakup proteksi atas kematian, asuransi kecelakaan diri tidak hanya memberi santunan meninggal akibat kecelakaan.

Tetapi juga memberikan kompensasi atas peristiwa kecelakaan. Hal ini sangat berguna jika seseorang memiliki hutang yang harus dibayar, sementara dia tidak bisa melakukan pekerjaannya secara normal akibat mengalami kecelakaan.

Jadi asuransi kecelakaan juga menyediakan manfaat saat seseorang mengalami cacat karena kecelakaan. Perlindungan yang dicakup asuransi kecelakaan berkisar dari perlindungan menyeluruh yang mencakup cacat tetap dan sementara, hingga yang hanya mencakup cacat total atau kematian akibat kecelakaan.

Melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kecelakaan diri, Anda bisa mempertimbangkannya. Ada beberapa manfaat yang tidak dimiliki oleh asuransi jiwa jadi ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memiliki asuransi ini. Yang terpenting perhatikan polisnya sebelum Anda mengajukan.

Baca juga: 5 Asuransi Wajib untuk Menjamin Masa Depan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama