Ancaman Penyakit untuk Wanita Perokok Berat

Tahukah Anda risiko perokok wanita mengalami kanker paru-paru cenderung 5 kali lebih besar dibandingkan perokok pria, meskipun kebiasaan merokok mereka berdua sama.

Asuransi kesehatan

Dibanding Pria, wanita perokok lebih berisiko terkena kanker. Wah ini merupakan ancaman serius untuk Anda para wanita. Saat ini, kecenderungan wanita yang merokok porsinya hampir sama dengan jumlah pria yang merokok. 

Entah karena stres atau gaya hidup yang tidak benar, perokok wanita tiap tahunnya selalu meningkat.

Sejumlah penelitian dilakukan di banyak tempat dan hasilnya menunjukkan bahwa wanita berisiko dua kali lebih besar terjangkit penyakit akibat rokok dibandingkan dengan pria. 

Peneliti Norwegia menemukan bahwa wanita yang merokok ternyata memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker dibandingkan pria.

Para peneliti ini melihat catatan medis dari 600 ribu pasien dan menemukan risiko dua kali lebih besar terkena kanker usus pada wanita perokok dibandingkan pria. 

Menurut laporan Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menunjukkan bahwa wanita perokok memiliki 19% peningkatan risiko penyakit. Sedangkan pria hanya memiliki 9% risiko saja.

Dalam studi tersebut, hampir 4 ribu peserta berpotensi terkena kanker usus. Mereka adalah wanita yang mulai merokok sejak usia 16 tahun atau lebih muda dari itu. Bahkan, wanita yang merokok selama puluhan tahun.

Selain itu, para peneliti mengklaim bahwa secara biologis wanita lebih rentan terhadap efek racun dari asap tembakau. Bahkan para ahli mengetahui bahwa wanita yang mulai merokok berisiko besar terhadap serangan jantung dibandingkan laki-laki, meski tidak jelas mengapa.

Lebih Berbahaya

Check up

Sudah menjadi rahasia umum dan juga masuk ke dalam jurnal kesehatan bahwa bahaya merokok memang cukup riskan. Dan ternyata banyak laki-laki dan juga perempuan tidak percaya bahwa ketagihan dan kecanduan rokok bisa membahayakan bagi kesehatan mereka.

Setiap orang memiliki perbedaan fisik dan juga kemampuan. Dan hal ini yang bisa menyebabkan perokok bisa terkena kanker dengan cepat atau tidak. Wanita akan mendapatkan ancaman kanker 2,7 kali lebih cepat dibandingkan dengan kaum pria.

Kanker memang memiliki banyak penyebabnya dan rokok jelas memberikan dampak yang cukup buruk. Anda tidak akan tahu kapan dan bagaimana sel akan berubah menjadi abnormal.

Perubahan ini berbeda di setiap orangnya, ada yang akan mengalami perubahan mutasi secara cepat ada juga yang tidak.

Rokok akan menyerang wanita lebih cepat dibandingkan pria. Wanita perokok bisa menderita kanker serviks yang bisa berbahaya. Paparan asap rokok tersebut mampu mengubah sel dengan cepat. 

Sementara laki-laki akan sangat rentan terkena kanker paru dan juga usus serta prostat.

Bahaya Rokok untuk Wanita

Berikut ini adalah fakta-fakta yang KreditGoGo kumpulkan mengenai bahaya rokok lebih serius bagi wanita.

1. Kanker Paru-Paru

Risiko perokok wanita mengalami kanker paru cenderung 5x lebih besar dibandingkan perokok pria, meskipun kebiasaan merokok mereka berdua sama. Hal ini karena wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat memperbesar risiko terkena kanker paru.

2. Konsumsi yang Sedikit Tidak Akan Menjamin

Hanya merokok 2 kali dalam sehari berarti Anda aman? Salah! Anda masih memiliki risiko 2x lebih besar terkena arthritis yang dapat menyebabkan kerusakan tulang dan otot. 

Parahnya lagi, penyakit ini masih bisa menyerang Anda meskipun Anda sudah berhenti merokok.

3. Kerusakan Hati

Medical check up

Struktur biologis yang berbeda antara wanita dan pria menyebabkan perokok wanita mempunyai risiko 25% lebih besar menderita kerusakan hati.

4. Gangguan Kesuburan

Kesuburan atau fertilitas pada perokok dapat berkurang hingga 72 persen. Artinya, perempuan perokok punya kemungkinan lebih besar untuk mandul (infertil) ketimbang perempuan bukan perokok.

5. Gangguan Kehamilan

Pada perempuan yang sedang hamil, zat-zat racun asap rokok juga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan ari-ari. Karena ari-ari ini menghubungkan ibu dengan janinnya, maka gangguan pertumbuhannya bisa menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah saat bayi lahir.

Ada banyak lagi penyakit yang bisa diderita wanita karena rokok, untuk itu menerapkan hidup sehat dan perlindungan kesehatan yang tepat sangat penting untuk para wanita. 

Melihat risiko yang lebih besar terjadi pada wanita, bukan tidak mungkin wanita membutuhkan biaya kesehatan lebih tinggi.

Perlindungan Kesehatan untuk Wanita

Perlindungan Kesehatan untuk Wanita

Tingginya biaya kesehatan untuk wanita mengharuskan Anda memiliki sebuah perlindungan kesehatan yang tepat. Untuk menangkal penyakit-penyakit tropis miliki perlindungan kesehatan yang mencakup perawatan rumah sakit yang optimal.

Asuransi Mandiri Hospitalife memberikan manfaat santunan harian rawat inap demi pemulihan kesehatan tertanggung. Tersedia perlindungan kesehatan rawat inap, rawat jalan dan santunan uang duka apabila tertanggung meninggal dunia.

Selain itu ada juga khusus perlindungan terhadap risiko kanker yaitu Mandiri Proteksi Kanker yang dapat Anda pilih. 

Asuransi ini dapat memberikan pertanggungan hingga Rp 250 juta, untuk perawatan, pengobatan dan perlindungan keuangan bagi keluarga jika Anda positif terkena kanker.

Ingin mencari asuransi kesehatan yang tepat, KreditGoGo siap membantu untuk memberikan referensi produk asuransi pilihan. 

Jagalah kesehatan Anda dan mulailah melindunginya dengan produk asuransi yang bisa menjamin biaya perawatan ketika diserang penyakit.

Baca juga :

Agar Biaya Rumah Sakit Tak Lagi Mencekik
Asuransi Jiwa, Demi Masa Depan Keluarga Tanpa Was-Was

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama