Agar Biaya Rumah Sakit Tak Lagi Mencekik

Mungkin ada di antara Anda saat ini yang anggota keluarganya sakit berat. Misalnya anak Anda tiba-tiba harus menerima perawatan khusus di rumah sakit dan bingung soal biaya.

Sebuah musibah menimpa sang buah hati yang tiba-tiba saja terserang panas tinggi, kemudian setelah diperiksakan ke dokter anak Anda terkena tifus dan membutuhkan perawatan yang intensif.

Selain kondisi kesehatan tersebut, besarnya biaya perawatan di rumah sakit yang tidak sedikit pun menjadi perhatian Anda. Anda pun harus mengeluarkan sebagian dana dari tabungan pribadi demi kesehatan buah hati tercinta.

Contoh ilustrasi seperti di atas menggambarkan betapa biaya rumah sakit adalah komponen yang tak bisa diprediksi kebutuhan biayanya. Bahkan, tak jarang, perawatan di rumah sakit bisa mengakibatkan kebangkrutan keuangan seseorang.

Penyebab Mahalnya Biaya Rumah Sakit

Banyak orang yang bilang bahwa kesehatan itu mahal harganya, tapi kebanyakan dari masyarakat baru menyadarinya ketika jatuh sakit atau harus dirawat di rumah sakit. Kenapa kesehatan bisa begitu mahal?

Saat ini sudah menjadi hal yang umum bahwa untuk berobat bahkan di dokter pemerintah sekalipun membutuhkan uang yang tidak sedikit. Banyak hal yang menjadi penyebab mahalnya biaya kesehatan. 

Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat yang memilih untuk mengobati penyakit dibandingkan dengan mencegahnya.

Masyarakat biasanya malas untuk memeriksakan diri ke dokter dan lebih suka menggunakan uangnya untuk hal yang lain. Padahal uang yang akan dikeluarkan untuk mencegah suatu penyakit lebih sedikit dibandingkan dengan pengobatannya.

Menyikapi Mahalnya Rumah Sakit

Biaya kesehatan di Indonesia selama periode tahun 2000 hingga 2010 telah mengalami peningkatan yang signifikan. Sepanjang satu dasawarsa (periode 2000-2010) terakhir, biaya kesehatan di negeri ini telah mengalami kenaikan hingga 364%.

Perawatan rumah sakit memang akan memberatkan sistem keuangan seseorang. Ini diungkapkan oleh seorang ahli keuangan di Amerika Serikat Jason Alderman. 

Ia mengatakan, lebih dari separuh kebrangkrutan keuangan seseorang diakibatkan karena tingginya tagihan biaya kesehatan.

Lantas, bagaimana agar Anda bisa mengatasi mahalnya biaya rumah sakit? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, untuk meminimalisir biaya perawatan:

1. Menyiapkan Dana Darurat

Setiap perencanaan keuangan akan disarankan untuk seseorang memiliki dana darurat untuk berbagai macam keperluan. Sebagaimana namanya, dana darurat adalah dana yang dikumpulkan dan sewaktu-waktu bisa diambil jika terjadi kondisi darurat.

Salah satu dana darurat yang dianjurkan untuk disiapkan adalah dana untuk kebutuhan kesehatan. Dana darurat adalah wujud dari perencanaan dan antisipasi terbaik yang bisa dilakukan.

Umumnya dana darurat yang disisihkan ialah enam kali total penghasilan Anda setiap bulan untuk yang belum berkeluarga dan dua belas kali penghasilan setiap bulan untuk yang sudah berkeluarga.

2. Memiliki Asuransi Kesehatan

Ada beberapa manfaat asuransi kesehatan yang pasti didapatkan jika seseorang mempunyai asuransi kesehatan dibanding yang tidak memilikinya, diantaranya adalah:

  1. Orang yang punya asuransi akan mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan efisien dari rumah sakit.
  2. Mereka yang tidak memiliki asuransi kesehatan biasanya akan mendatangkan beban keuangan bagi diri dan keluarganya.
  3. Mereka yang memiliki asuransi kesehatan bisa mendapatkan akses perawatan yang lebih baik dibanding yang tidak memilikinya.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Untuk itu, Anda bisa mengidentifikasi beberapa kebutuhan yang mungkin Anda perlukan jika suatu saat harus dirawat di rumah sakit.

Asuransi kesehatan dengan pertanggungan perawatan rumah sakit yang optimal salah satunya adalah asuransi dari AXA Mandiri bernama Mandiri Hospitalife.

Asuransi Mandiri Hospitallife akan memberikan manfaat santunan harian rawat inap demi pemulihan kesehatan tertanggung. Tersedia perlindungan kesehatan untuk rawat inap, rawat jalan dan santunan uang duka apabila tertanggung meninggal dunia.

Apa Saja Manfaat dari Asuransi Mandiri Hospitalife?

  • Santunan rawat inap harian
  • Santunan rawat inap akibat penyakit tropis (demam berdarah, tyfus)
  • Santunan perawatan intensif
  • Santunan rawat inap ruang ICU
  • Santunan uang duka

Keistimewaan asuransi ini adalah pelindungan optimal baik, perlindungan kesehatan ataupun jiwa dalam satu jenis asuransi. Besaran preminya ditentukan sesuai dengan umur pemegang polis, Anda cukup bayar premi untuk 4 tahun, pertanggungan hingga 12 tahun. Premi yang Anda bayarkan dapat kembali 100%

3. Manfaatkan Cicilan Ringan Kartu Kredit

Strategi terakhir yang bisa Anda lakukan addalah memaksimalkan manfaat dari kartu kredit yang dimiliki. Kadang disaat terdesak dan kedua opsi di atas tidak Anda miliki, maka pilihan terakhir adalah berutang. 

Kartu kredit bisa menjadi senjata pertolongan pertama untuk menyikapi tingginya tagihan rumah sakit ketika sang buah hati terserang penyakit tifus.

Fitur kartu kredit yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal adalah fasilitas cicilan ringan. Kartu kredit yang memberikan bantuan ekstra ketika Anda butuh biaya besar untuk perawatan rumah sakit adalah kartu kredit Standard Chartered Visa Platinum.

Dengan fitur SteadyPay tidak lagi khawatir terhadap pembiayaan rumah sakit yang sangat mahal. Karena dengan kartu kredit Standard Chartered Visa Platinum, Anda akan menikmati kemudahan untuk mengkonversikan pembayaran dengan fasilitas cicilan 0% dengan jangka waktu 6 (enam) bulan.

Jadi, kesehatan anggota keluarga terlebih lagi buah hati tercinta dapat terjaga tanpa perlu pusing-pusing memikirkan kenaikan pengeluaran saat ada anggota keluarga yang sakit. 

Untuk mengajukan program cicilan Anda bisa menghubungi Call Centre Standard Chartered Bank (021) 57 9999 88 atau 68000 dari ponsel.

Jadi sebelum anggota keluarga terserang sakit pastikan Anda memiliki senjata ampuh untuk melindungi mereka dan meminimalisir pengeluaran yang banyak hanya untuk biaya kesehatan.

Baca juga:
Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Kesehatan Pertama Kalinya
Asuransi Tepat, Cara Workaholics Antisipasi Penyakit Tropis



0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama