5 Asuransi Wajib untuk Menjamin Masa Depan

Ada pepatah yang mengatakan 'sedia payung sebelum hujan'. Anda tidak akan tau kemungkinan apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk itu 5 asuransi ini wajib dimiliki.

Konsep asuransi

Pemahaman masyarakat Indonesia soal asuransi memang masih terbilang sangat minim. Kebanyakan masyarakat bersikap cenderung sentimen dan acuh jika mendengar yang namanya asuransi. Beberapa dari mereka beranggapan asuransi hanya soal uang dan uang. Jika Anda mau memahami asuransi itu sendiri maka akan tau manfaatnya.

Dalam sebuah konsep Perencanaan Keuangan, asuransi adalah salah satu pilar utama yang harus dimiliki oleh semua orang. Asuransi memilikiposisi yang sangat penting untuk menjamin masa depan, sebab asuransi akan melakukan proteksi atas segala risiko yang bakal Anda hadapi nantinya.

Sayangnya justru banyak ditemui orang salah dalam membeli asuransi. Seharusnya asuransi yang dibutuhkan malah tidak dibeli, kebalikannya asuransi yang tidak dibutuhkan malah dibeli. Jadi asurasi apakah yang harus kita miliki untuk menjamin masa depan. Nah, berikut ini adalah 5 asuransi yang wajib dimiliki oelh setiap orang:

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Sakit bukalah sesuatu yang bisa ditolak jika sudah datang, dan siapa sih yang mau sakit? Tentunya tidak ada yang mau bukan. Jika dahulu ketika Anda sakit biaya dan pengobatan masih ditanggung oleh orang tua, tetapi ketika dewasa itu merupakan tenggungjawab pribadi.

Ketika sudah dewasa Anda harus bisa melindungi diri sendiri. Jika sakit yang diderita ringan mungkin dana yang dikeluarkan tidaklah banyak. Tetapi bila yang datang adalah penyakit serius sehingga membutuhkan operasi dan rawat inapsampai berhari-hari sehingga biaya yang dikeluarkan sangat banyak. 

Saat seperti inilah penting sekali adanya asuransi kesehatan. Nah ketika Anda memilih asuransi kesehatan perhatikan polisnya dan jagan ragu menayakan opsi-opsi apa saja yang akan Anda terima. Dengan asuransi kesehatan Anda mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Asuransi berikutnya yang harus dimiliki adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa sangat penting bagi Anda yang telah bekerja, terutama jika Anda adalah pencari nafkah utama di keluarga. Anda dapat menjamin masa depan keluarga jika hal buruk terjadi.

Asuransi jiwa akan memberikan perlindungan untuk keluarga atau orang terdekatmu apabila suatu hal yang tidak diinginkan terjadi kepada Anda. Polis asuransi akan memberikan pergantian tunai kepada ahli waris sehingga menjamin kehidupan orang-orang terdekat Anda secara finansial.

3. Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan

Kecelakaan merupakan hal yang tidak bisa kita prediksi, ketika Anda mengalami kecelakaan asuransi kecelakaan akan memberikan perlindungan. Kecelakaan yang mengakibatkankematian, cacat tetap, ataupun luka-luka.

Jika yang terjadi adalah cacat tetap, Anda akan membebani keluarga seumur hidup. Di sinilah asuransi kecelakaan akan membantu melindungi keluarga dari risiko tersebut karena segala biaya akan diambil alih oleh pihak asuransi.

4. Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan

Bagi Anda yang memiliki kendaraan, mendaftarkan asuransi untuk kendaraan Anda memberikan banyak manfaat. Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang bertanggung jawab dalam membiayai setiap kerusakan maupun kehilangan pada kendaraan pemiliki polis.

Asuransi kendaraan merupakan salah satu cara untuk Anda terhindar dari pengeluaran yang tiba-tiba besar akibat sebuah kecelakaan. Sebelum mengajukan asuransi pelajari dahulu polis asuransi tersebut.

Terdapat dua jenis polis asuransi, untuk memilih yang tepat periksa kembali kondisi mobil Anda. Jika kendaraan Anda tergolong kendaraan baru maka pilihlah polis comprehensive. Sedangkan mobil tua akan lebih membutuhkan polis yang manjamin akan kerusakan parah, yaitu total loss only.

5. Asuransi Pendidikan

asuransi Pendidikan

Menjamin masa depan Anak adalah tanggungjawab bagi setiap orang tua, untuk itu mendaftar asuransi pendidikan dinilai sebagai langkah efektif agar masa depan Anak terjamin. Asuransi pendidikan dibagi menjadi dua bagian bedasarkan manfaatnya yaitu investasi dan proteksi.

Investasi memiliki tujuan untuk mengumpulkan dana sesuai tujuan utama yaitu membiayai pendidikan anak, sedangkan proteksi memiliki tujuan untuk melindungi dan menjamin biaya kesehatan anak ketika si buah hati jatuh sakit selama jangka waktu asuransi pendidikan tersebut berlaku.

Jika Anda ingin mengajukan asuransi pendidikan maka sesuaikan premi dengan biaya pendidikan anak di masa depan. Disarankan untuk tidak memilih premi asuransi dalam jumlah sedikit. jika premi anda rendah, maka mungkin saja anda tidak dapat mencukupi biaya pendidikan anak di masa yang akan datang. Idealnya premi asuransi per bulan berkisar dari Rp500.000 sampai Rp800.000.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Asuransi itu Penting

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama