4 Asuransi ini Cocok Untuk Keluarga Muda

Ada beberapa jenis asuransi yang bisa digunakan oleh pasangan baru menikah sebagai pilihan untuk merencanakan masa depan dan melindungi finansial keluarga.

Ketika seseorang sudah menikah kebutuhan orang tersebut akan bertambah. Salah satu yang penting adalah pos pengeluaran untuk biaya proteksi diri atau asuransi. Setelah menikah tanggung jawab seseorang, terlebih yang bertugas mencari penghasilan, akan semakin besar.

Bagi Anda pasangan muda yang sedang merintis keluarga, asuransi adalah salah satu cara yang terbaik untuk memberikan perlindungan dan proteksi perencanaan keuangan untuk masa depan keluarga. Anda tidak akan tahu apa yang akan dihadapi nanti didepan.

Mempertimbangkan segala sesuatu guna menghindari hal yang tidak diinginkan sangat penting untuk menjaga kondisi finansial dari hal-hal tersebut. Dengan menambah manfaat pada asuransi, seseorang sebenarnya telah melindungi keluarga barunya dari risiko finansial yang bisa saja terjadi.

Untuk melengkapi proteksi tersebut ada beragam asuransi yang ditawarkan dan masing-masing memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda juga harus bisa mengetahui kebutuhan akan prioritas dan manfaat asuransi apa saja yang paling penting untuk dimiliki.

Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang sebaiknya dimiliki oleh para keluarga muda untuk memberikan jaminan dan kepastian masa depan keluarga Anda.

1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini akan memberikan perlindungan pada sumber finansial atau pencari nafkah. Oleh karena itu kepala keluarga yang umumnya merupakan sumber penghasilan keluarga sangat memerlukan asuransi jiwa, Dia adalah orang pertama yang harus dilindungi.

Sebabnya tidak lain adalah untuk melindungi keluarga dari dampak finansial akibat sumber penghasilan menghilang. Risiko yang tidak terduga seperti sang ayah atau suami meninggal dunia. Maka keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan sejumlah uang untuk menutupi kebutuhan mereka dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa

2. Asuransi Kesehatan

Ada pepatah yang bilang ‘Kesehatan itu Mahal’. Baik masih lajang ataupun sudah menikah, risiko penyakit pasti akan Anda alami. Kesehatan seseorang sendiri tidak ada yang bisa memprediksi, jadi mempersiapkan asuransi kesehatan untuk melindungi keluarga termasuk bagian penting.

Saat mengalami sakit yang cukup parah, Anda biasanya harus dirawat di rumah sakit atau membutuhkan biaya rawat jalan yang tak sedikit. Maka dari itu, asuransi kesehatan terbaik wajib dimiliki untuk melindungi Anda dari tagihan biaya medis yang mahal.

3. Asuransi Pendidikan

Yang tidak kalah penting dari kedua asuransi diatas adalah asuransi pendidikan. Bagi pasangan muda yang merencanakan memiliki buah hati, maka sudah waktunya untuk memikirkan rencana pendidikan anak dengan mempunyai asuransi pendidikan sejak dini.

Anda tentunya paham jika biaya pendidikan selalu naik setiap tahun, biaya pendidikan meningkat 20% setiap tahunnya, bahkan tak sebanding dengan kenaikan gaji Anda. Membiayai pendidikan anak kelak tidak cukup hanya dengan mengandalkan gaji.

Asuransi pendidikan akan memudahkan Anda untuk merencanakan pencairan dana untuk pendidikan anak selama beberapa periode. Nilai plusnya lagi adalah asuransi pendidikan juga bersifat proteksi, karena bisa memberikan perlindungan biaya pendidikan anak bila pencari nafkah meninggal.

4. Asuransi Rumah dan Kendaraan

Rumah dan kendaraan merupakan aset penting bagi sebuah keluarga muda. Jika Anda dan pasangan sudah memiliki kedua aset ini harus mempersiapkan perlindungan untuk kedua aset tersebut. Berbagai risiko dapat terjadi seperti pencurian, kecelakaan, bencana alam, kebakaran, banjir, angin topan, dan sebagainya.

Anda tentunya harus memiliki dana cadangan untuk melindungi kebutuhan terdesak seperti itu. Dengan asuransi rumah dan kendaraan akan meminimalisir kebutuhan mendadak dan mendesak tersebut. Tidak ada yang bisa menjamin rumah Anda kan tetap kokoh dan kendaraan akan terus berjalan mulus.

Setelah membaca penjelasan diatas Anda bisa mempertimbangkan jenis-jenis asuransi apa saja yang diperlukan untuk rumah tangga baru Anda. Asuransi akan membantu untuk meredam gangguan finansial yang mungkin saja dialami keluarga.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Kendaraan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama