Spion Mobil Patah? Ini Guna Asuransi Mobil.

Pernah spion mobil Anda patah karena kemacetan di jalan? Coba pakai asuransi mobil, pasti sudah diganti. Kali ini, kita coba belajar apa saja asuransi mobil itu.

Teman saya yang punya mobil pernah mengeluh seperti ini, “Wah, mobil gue spionnya patah nih. Sialan. Tuh gara-gara mobil boks kebut enggak kira-kira! Dia serempet aja.” Lalu, saya bertanya apakah mobilnya sudah terlindungi asuransi, ia hanya menjawab, Wah, belum tuh. Enggak kepikiran soalnya.

Sebagian besar pengendara mobil pribadi biasanya tidak berpikir panjang untuk bisa melindungi mobilnya dengan asuransi kendaraan. Mereka umumnya hanya pakai dan lakukan perawatan rutin, seperti ganti oli dan servis mesin rutin. Padahal, satu hal yang tidak kalah penting dalam melindungi mobil adalah asuransi. Lebih tepatnya asuransi kendaraan/asuransi mobil.

asuransi mobil

Apa Sih Asuransi Mobil Itu?

Pertama, jika berpikir tentang asuransi, pasti yang terpikir di benak kita adalah besaran premi yang mahal. Malah, di benak sebagian kecil orang, orang-orang tersebut memiliki kesan yang buruk tentang asuransi mobil tersebut. Misalnya, besaran premi yang kadang lebih mahal dari harga mobilnya. Hal yang harus kita definisikan baik-baik dalam benak kita adalah asuransi mobil yang kita ambil dengan manfaat agar kendaraan yang kita pakai tersebut terbebas dari kerugian keuangan. Kerugian keuangan yang dimaksud adalah kecelakaan yang datangnya tidak terduga. Karena itu, tujuan asuransi pada dasarnya adalah untuk mengurangi ketidakpastian dari kemungkinan kerugian yang tidak terduga. Contohnya ya seperti teman saya tadi, spion mobilnya patah akibat mobil boks yang mengebut.

Secara umum, asuransi bisa didefinisikan adalah suatu perjanjian, dengan seorang penanggung membuat ikatan dengan seorang tertanggung dengan menerima suatu premi untuk memberikan suatu penggantian dana kepada si tertanggung tersebut karena adanya suatu kerugian, kerusakan, atau kehilangan akibat peristiwa yang tidak terduga.

Apa Saja Sih Manfaat Asuransi Itu?

Manfaat asuransi ada banyak. Jenis asuransi yang dikenal di Indonesia adalah asuransi jiwa, asuransi kerugian, dan asuransi kesehatan. Asuransi kerugian adalah asuransi yang melindungi harta benda, misalnya ruko, apartemen, atau rumah beserta isinya.

Sementara itu, asuransi mobil biasanya ditujukan untuk melindungi dari berbagai ancaman bahaya yang tidak terduga, misalnya tabrakan, kerusuhan, pencurian bagian tertentu mobil, atau mobil itu sendiri yang kecurian. Seperti kasus teman saya tadi, jika saja ia melindungi mobilnya dengan asuransi mobil, tentu ia bisa mengganti kerusakan yang dialami.

Apa Saja Sih Jenis Perlindungan Asuransi Mobil?

- Asuransi Gabungan/Komprehensif (All Risk)

Disebut juga asuransi komprehensif karena asuransi jenis ini menganggung berbagai macam kerugian, termasuk kerugian kecil, misalnya salah satu bagian mobil yang hilang seperti spion. Atau bisa juga adanya goresan pada mobil karena terserempet kendaraan lain.

- Asuransi Kerugian Total (Total Loss Only)

Asuransi jenis ini hanya menanggung kerugian yang diderita jika kendaraan mengalami tabrakan atau kecelakaan. Biasanya nilai minimum yang ditanggung adalah sebesar 70%-75% dari total jaminan asuransi/harga pertanggungan.

Apa Saja Sih Istilah dalam Asuransi Mobil?

Istilah-istilah dalam dunia asuransi mobil pada umumnya tidak berbeda jauh dengan istilah yang digunakan dalam dunia asuransi lainnya, misalnya asuransi jiwa. Tapi, agar Anda mengenal lebih jauh dan cermat, berikut adalah beberapa istilah yang umum digunakan dalam asuransi mobil.

Polis Asuransi

Jika Anda berniat membeli perlindungan asuransi untuk mobil, manfaat yang diambil disebut polis asuransi. Polis asuransi ini merupakan perjanjian tertulis antara perusahaan penyedia manfaat asuransi mobil dengan Anda sebagai nasabah yang membeli manfaat tersebut. Dalam perjanjian polis asuransi biasanya tertulis mengenai rincian tanggungan, syarat-syarat, dan ketentuan kontrak, juga biaya yang harus Anda bayarkan untuk jenis manfaat/tanggungan yang Anda pilih.

Premi Asuransi

Premi adalah besaran biaya yang dibayarkan setiap bulan untuk manfaat yang Anda ambil. Pembayaran premi secara teratur dapat memudahkan perusahaan asuransi dalam pembayaran kerugian atas kerusakan yang dialami mobil Anda. Tentu itu akan dibayarkan setelah Anda melakukan klaim sesuai ketentuan yang berlaku.

Klaim Asuransi

Sebuah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian. Klaim asuransi yang Anda ajukan tersebut akan ditinjau oleh perusahaan; apakah valid atau tidak, untuk kemudian dibayarkan kepada pihak tertanggung setelah disetujui.

Baiklah, jika Anda memang berniat untuk membeli manfaat agar mobil Anda terlindungi dari berbagai macam kemungkinan yang tidak terduga, ada baiknya perhatikan dahulu beberapa hal berikut ini.

- Pelajari pilihan asuransi yang tersedia. Apa yang dimaksud di sini adalah Anda berhak untuk mempelajari manfaat perlindungan yang diberikan oleh si perusahaan asuransi mobil tersebut. Selain itu juga, Anda berhak untuk mencermati rincian lain, misalnya siapa saja yang berhak dimasukkan dalam polis asuransi (umumnya anggota keluarga yang ikut menggunakan kendaraan Anda); seperti apa kebijakan perusahaan asuransi tersebut; bagaimana rincian biaya di luar premi asuransi. Rincian biaya tersebut bisa saja dikenakan oleh perusahaan tanpa kita ketahui.

- Tentukan jumlah yang mampu Anda bayar. Jumlah yang dimaksud di sini tidak hanya mencakup besaran premi yang harus Anda bayarkan ke perusahaan asuransi tersebut, tapi juga keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan jika, misalnya, Anda mengalami kecelakaan di mana Anda sendiri terluka atau melukai orang lain. Intinya adalah, apakah asuransi yang Anda ambil dapat menutup semua biaya tersebut? Atau Anda akan terpaksa mengeluarkan uang lagi untuk itu?

- Kenali kondisi kendaraan Anda. Hal praktis yang bisa dicermati adalah, jika mobil Anda mengalami kerusakan parah, apakah Anda mampu untuk membeli mobil lain sebagai ganti transportasi Anda? Beberapa orang yang memiliki tingkat kekayaan lebih makmur umumnya akan berpikir, jika tingkat kerusakan sudah cukup parah, lebih baik mereka membeli mobil dengan kisaran harga yang lebih murah. Atau membeli mobil seken. Tapi jika Anda tidak mampu untuk membeli mobil lainnya sebagai ganti transportasi, produk asuransi mobil yang lebih tepat untuk Anda mungkin adalah jenis asuransi gabungan/komprehensif. Mengapa ini lebih cocok? Itu karena skema penghitungan Asuransi Komprehensif umumnya didasarkan pada nilai mobil Anda. Semakin mahal harga mobil, tentunya semakin perlu untuk diasuransikan.

Nah, satu hal yang perlu Anda cermati adalah bagaimana jika mobil yang kendarai memang perlu untuk perjalanan jauh Anda, misal tur keliling daerah. Tanyakan ke pihak perusahaan asuransi, apakah ada klausul yang belum tercakup untuk perjalanan jauh, atau memang sudah termasuk? Mengenali mobil Anda dan beberapa karakteristiknya akan sangat membantu jika nantinya Anda mengajukan klaim asuransi.

Coba teman saya tadi sudah mengasuransikan mobilnya, pasti ia sudah tenang dalam perjalanan. Bagi Anda yang belum melindungi mobil dengan asuransi, hati-hati mengemudi ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama