Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Kendaraan

Bingung cari perlindungan kendaraan yang sesuai dengan kemampuan Anda? Mungkin tidak lagi setelah Anda menyimak artikel dari kami yang mengupas tuntas tentang keuntungan mempunyai asuransi.

Jika Anda memiliki mobil, Anda mungkin sudah tahu sedikit tentang asuransi mobil. Anda mungkin pernah mendengar kata-kata tentang premi. Tapi, apakah Anda benar-benar memahami bagian-bagian dari polis asuransi mobil dan apakah Anda tahu bagaimana memilih cakupan terbaik? 

Teliti sebelum membeli asuransi kendaraan

Sebelum membeli asuransi mobil, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor termasuk jenis mobil yang Anda miliki, catatan mengemudi Anda dan jumlah uang yang Anda punya. Memahami dasar-dasar sederhana dari asuransi mobil akan membuat Anda yakin bahwa kebijakan asuransi kendaraan yang Anda pilih akan mengurus kebutuhan Anda dalam hal terjadi kecelakaan.

Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui jenis pertanggungan yang menawarkan perusahaan asuransi dan mendiskusikan kebutuhan perlindungan tersebut. Selain itu kita akan melihat apa yang mempengaruhi harga asuransi mobil.

Setiap orang yang menyetir membutuhkan perlindungan. Ketika Anda membeli asuransi mobil, Anda membeli apa yang disebut kebijakan. Kebijakan Anda didasarkan pada berbagai faktor termasuk jenis mobil yang Anda kendarai serta jenis asuransi yang Anda inginkan. Kebijakan tersebut sebenarnya sudah dalam satu paket dari berbagai jenis asuransi.

Langkah pertama dalam memahami polis asuransi mobil adalah untuk mempelajari berbagai jenis cakupan yang perusahaan asuransi tawarkan.

1. Kewajiban

Cakupan ini membayar untuk cedera badan akibat kecelakaan dan kerusakan properti untuk orang lain. Kerusakan cedera termasuk biaya pengobatan, mobil ambulans, dan membayar segala bentuk risiko lainnya yang Anda tanggung. Kerusakan properti meliputi properti dan mobil rusak. Negara hukum menentukan berapa banyak kewajiban cakupan Anda harus membeli, tetapi Anda selalu bisa mendapatkan cakupan lebih dari yang negara Anda butuhkan. 

2. Tabrakan

Cakupan ini membayar kerusakan kendaraan Anda yang disebabkan oleh tabrakan dengan kendaraan lain atau benda lainnya. 

3. Komprehensif 

Cakupan ini membayar kerugian atau kerusakan kendaraan yang dipertanggungkan yang tidak terjadi dalam kecelakaan mobil. Jenis-jenis kerusakan yang luas mencakup asuransi termasuk kerugian yang disebabkan oleh kebakaran, angin, gempa, huru-hara, banjir, vandalisme atau pencurian. 

4. Tunjangan Kesehatan 

Membayar biaya pengobatan terlepas dari kesalahan ketika beban disebabkan oleh kecelakaan mobil. 

5. Cedera yang akan dibayar asuransi kendaraan

Cakupan ini menjelaskan biaya pengobatan bagi pengemudi yang diasuransikan, terlepas dari kesalahannya, pengobatan tetap berlaku karena akibat dari kecelakaan mobil. 

Pengemudi tidak tertanggung - Membayar kerusakan mobil Anda ketika kecelakaan mobil disebabkan oleh pengemudi yang tidak memiliki asuransi.
Pengemudi yang tertanggung - Membayar kerusakan mobil Anda ketika kecelakaan mobil disebabkan oleh seseorang yang memiliki kewajiban asuransi tidak cukup.
Penggantian mobil rental - Jenis cakupan akan membayar untuk sebuah mobil sewaan jika mobil Anda rusak karena kecelakaan mobil.

Ada banyak pilihan asuransi mobil; tapi mengetahui apa yang Anda butuhkan adalah kunci untuk pengamanan dalam memastikan mobil Anda terlindungi secara tepat. Apakah Anda ingin perlindungan untuk sebuah mobil sewaan jika mobil tersebut rusak? Apakah Anda ingin perpanjangan garansi untuk membayar bagian yang rusak? 

Berikut adalah contoh biaya premi, uang pertanggungan, dan jenis pertanggungan dari ACA yang bisa Anda gunakan sebagai gambaran jelas tentang asuransi kendaraan.

KATEGORI JNP           UANG PERTANGGUNGAN (Rp) JENIS PERTANGGUNGAN
Comprehensive TLO
Rate per Tahun (%)
MOBIL PENUMPANG
(Sedan, Jeep, Minibus, St. Wagon, MPV, City Car & Double Cabin)
1.A 0-100 Juta 3.25 0.80
1.B > 100-150 Juta 2.75 0.80
2. > 150-300 Juta 2.00 0.80
3. > 300-500 Juta 1.75 0.80
4. > 500-800 Juta 1.50 0.80
5. > 800 Juta 1.25 0.80
TRUK/PICK-UP/BOX
6. Semua Uang Pertanggungan 2.50 0.90
BUS
7. Semua Uang Pertanggungan 2.50 0.90
MOTOR
8. Semua Uang Pertanggungan Tidak Berlaku 3.20

Ketahui harga mobil Anda

Anda terlebih dahulu harus mengetahui tentang harga mobil Anda sendiri. Keputusan ini untuk membeli cakupan bahwa biasanya premi bulanan/tahunan didasarkan pada nilai mobil Anda. Pedoman biasanya menyarankan bahwa jika mobil Anda bernilai kurang dari Rp 100 juta, tidak akan sia-sia rasanya untuk membeli asuransi dengan tipe komprehensif. Jika Anda memiliki mobil seharga Rp 200 juta lebih. Maka rasanya itu akan pasti layak untuk membayar premi Rp 3 juta per tahun atau lebih untuk memastikan bahwa mobil Anda akan diganti jika Anda mendapatkan kecelakaan serius.

Cara terbaik untuk mengetahui sendiri kebutuhan asuransi mobil Anda untuk memeriksa kebijakan potensial dan tahu berapa banyak Anda bersedia untuk berjudi. Misalnya, hal itu mungkin tidak layak untuk Anda untuk membeli asuransi tabrakan jika mobil Anda tidak sangat berharga dan oleh karena itu biaya akan kurang untuk memperbaiki daripada tetap mengasuransikannya. 

Asuransi mobil hanya tentang seberapa banyak Anda bersedia membayar dari kantong Anda sendiri dengan berapa banyak Anda ingin perusahaan asuransi untuk menutupi segala kerusakan yang dialami oleh kendaraan Anda. Setelah Anda memutuskan ini, Anda sudah siap untuk membeli polis asuransi mobil.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama