Mobil Makin Banyak, Tapi yang Diasuransikan Masih Sedikit

Mobil makin banyak, jalanan macet, kecelakaan pun sering terjadi. Tapi mengapa masyarakat Indonesia masih belum sadar akan berasuransi ya? Mungkin setelah mendapatkan penjelasan ini Anda dapat mengerti tentang pentingnya asuransi kendaraan.

Kendaraan faktor penting dalam kehidupan manusia

Kendaraan menjadi alat penting dalam transportasi. Di Indonesia sendiri pengguna mobil pribadi mencapai 104 juta unit lebih. Menurut data dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia mencatat, jumlah kendaraan yang masih beroperasi di seluruh Indonesia pada 2013 mencapai 104,211 juta unit, naik 11 persen dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 94,299 juta unit. Sehingga tak usah bingung kenapa permasalah kemacetan di kota-kota besar pada khususnya tidak pernah selesai. Masyarakat selalu mengandalkan kendaraan pribadi ketika akan bepergian, baik itu untuk pergi ke kantor, berlibur, dan lain sebagainya. Ini seakan sudah menjadi kebutuhan yang utama, tapi mereka sering melupakan pentingnya berasuransi. jangankan tentang perlindungan kendaraan, orang-orang pun masih melupakan akan pentingnya asuransi jiwa, kesehatan, dll.

Dari jumlah itu, populasi terbanyak masih disumbang oleh sepeda motor dengan jumlah 86,253 juta unit di seluruh Indonesia, naik 11 persen dari tahun sebelumnya 77,755 juta unit. Jumlah terbesar kedua disumbang mobil penumpang dengan 10,54 juta unit, juga naik 11 persen dari tahun sebelumnya 9,524 juta unit. Populasi mobil barang (truk, pikap, dan lainnya) tercatat 5,156 juta unit, naik 9 persen dari 4,723 juta unit. 

Kendaraan banyak tingkat kecelakaan pun meningkat

Menurut Tempo, tingkat kendaraan di Indonesia merupakan terbanyak di Asia Tenggara. Meski begitu, ternyata tak semuanya sadar akan pentingnya asuransi. Padahal sepanjang tahun 2012, angka kecelakaan mencapai 7.817 kasus. Angka tersebut, lebih rendah jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 8.144 kasus. Artinya, jumlah kasus kecelakaan tahun 2012 mengalami penurunan hingga 3,66 persen atau 297 kasus.

Banyak orang tidak tahu pentingnya mengasuransikan kendaraannya. Mengingat pencurian mobil yang meningkat, juga rawan kecelakaan saat berkendara. Anda butuh dilindungi dan itu yang dilakukan oleh asuransi kendaraan. Tahukah Anda bahwa perusahaan asuransi mobil pun sudah banyak menjamur di Indonesia, lho. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kenyamanan, keamanan dan kemampuan.

Ada dua tipe dalam asuransi kendaraan bermotor yang perlu Anda ketahui definisi dan manfaatnya:

1. Comprehensive

Bila ingin kendaraan Anda diasuransikan dengan berbagai risiko kecelakaan, maka Anda harus memilih pertanggungan comprehensive.

Risiko yang ditanggung oleh pihak asuransi bila Anda mengambil pertanggungan ini adalah:

a. Ditabrak kendaraan lain

b. Menabrak kendaraan lain atau benda lain

c. Bodi mobil tergores

d. Mobil Anda dicuri. Kaca spion atau asesoris lain yang standar hilang/dicuri.

2. Pencurian atau Kehilangan (Total Loss Only)

Anda juga bisa mengasuransikan kendaraan dengan pertanggungan Total Loss Onlyf. Artinya Anda hanya akan diganti rugi oleh pihak asuransi pada saat kendaraan Anda hilang karena dicuri bukan karena penggelapan. Selain itu, kehilangan akibat pencurian dan bukan penggelapan atau total loss stolen juga menjadi tanggungan dalam asuransi jenis TLO. Asuransi TLO memiliki premi rendah sekitar 1% saja dari harga mobil. Namun asuransi jenis ini tidak akan menanggung risiko jika kerusakan di bawah angka 75%.

Risiko sendiri

Itu adalah 2 tipe jenis asuransi kendaraan pada umumnya. Tapi bagaimana apabila terjadi kerusakan yang di akibatkan kerusakan properti, gempa bumi, banjir, atau bencana alam lainnya? Ini biasanya masuk kedalam proses klaim dan risiko sendiri. Risiko sendiri dalam asuransi kendaraan bermotor adalah suatu jumlah tertentu yang menjadi tanggungan Tertanggung dalam setiap kerugian yang terjadi.

Setiap laporan klaim ada risiko sendiri yang harus dibayar sebesar Rp. 200.000 per kejadian. Maksud dari resiko sendiri ini, agar ada tanggung jawab dari anda dalam berkendara.

Untuk kasus pencurian sebagian seperti spion dan aksesoris lain anda harus buat surat laporan kepolisian yang menyatakan kejadian tersebut memang pencurian buka penggelapan.

Dan bila kendaraan anda hilang juga mengajukan surat laporan polisi kalau kendaraan anda dicuri bukan digelapkan dan ada surat yang harus ditandatangani samsat. Ini prosesnya agak lama sekitar sebulan hingga dua bulan. Dan bila dalam 3 bulan kendaraan tidak berhasil ditemukan, barulah pihak asuransi mentransfer uang sebesar nilai kendaraan saat hilang atau sebesar nilai pertanggungan, dipilih mana yang lebih kecil. Untuk kehilangan mobil biasanya risiko sendiri nya 5% dari nilai yang akan dibayarkan pihak asuransi.
Misalkan risiko sendiri yang diberikan oleh perusahaan asuransi kendaraan adalah Rp 500.000.
Sedangkan nilai kerugian adalah Rp. 2.250.000. Maka nilai penggantian yang diberikan oleh perusahaan asuransi adalah sebesar Rp 1.750.000.

Kerusakan Properti Rp. 300.000
Tanggung Jawab Pihak Ketiga/Kecelakaan Diri Nil
Rusuh, Huru-Hara 10% dari klaim atau min Rp. 500.000
Terorisme, Sabotase 10% dari klaim atau min Rp. 500.000
Gempa Bumi, Gunung Meletus, Tsunami 10% dari klaim atau min Rp. 500.000
Badai, Taifun, Banjir, Kerusakan Karena Air 10% dari klaim atau min Rp. 500.000
Pencurian Total 5% dari nilai pertanggungan
Biaya Penanganan Rp. 62.000

Tujuannya sendiri adalah agar tertanggung bersikap lebih berhati-hati atas objek pertanggungan tersebut. Selain itu, untuk menghindari kerugian yang kecil-kecil, dimana dalam pengurusan kerugian tersebut dapat lebih besar dari nilai kerugian yang terjadi. Dengan kata lain adalah mengurangi pembebanan kontribusi premi yang harus dibayar oleh tertanggung.

Tanggung Jawab Hukum Pihak III

Mungkin Anda belum banyak yang tahu apabila menabrak baik itu kendaraan orang lain, pagar rumah, maupun menabrak orang dan pihak yang dirugikan menuntut ganti rugi dan perbaikan ataupun biaya rumah sakit itu bisa ditanggung oleh asuransi. Anda tinggal meminta kepada asuransi agar Anda juga di lindungi oleh Tanggung Jawab Hukum Pihak III. Namun ini ada yang sudah termasuk dalam bentuk paket, ada juga yang harus menambah premi.

Biasanya TJH Pihak III ada yang Rp. 1.000.000 per kejadian, Rp. 5.000.000 per kejadian, Rp. 10.000.000 per kejadian atau berapa yang Anda inginkan. Artinya bila Anda memilih yang Rp. 10.000.000 per kejadian, pada saat ada tuntutan pihak III asuransi akan mengganti kerugian pihak III itu maksimal Rp. 10.000.000. Bila ada tuntutan pihak ketiga saat klaim Anda juga harus menyertakan surat polisi yang menyatakan kejadiannya dan surat tuntutan dari pihak ketiganya.

Huru-Hara

Pertanggungan huru-hara adalah bila kendaraan anda dirugikan akibat adanya kerusuhan, sabotase, penghalangan kerja, terorisme dan penjarahan maka kerugian akan ditanggung asuransi bila anda ikut pertanggungan ini. Namun anda harus baca polisnya kerusuhan seperti apa yang dicover dan yang tidak. Karena ada beberapa jenis kerusuhan yang dikecualikan.

Resiko sendiri untuk Huru-Hara biasanya 5% dari jumlah kerugian yang disetujui atau minimum Rp. 500.000.

Bencana Alam

Untuk bencana alam jarang asuransi yang mau menanggung semua resiko bencana alam seperti banjir, letusan gunung berapi, angin topan, tsunami, badai dan gempa bumi. Tapi bukannya tidak ada, ada juga beberapa asuransi yang mau menerima semua resiko bencana alam. Bila anda memilih bencana alam lengkap maka saat kendaraan tertimpa pohon tumbang atau papan iklan jatuh akibat angin kencang atau gempa bumi akan diganti pihak asuransi.

Kebanyakan asuransi hanya mau menerima resiko banjir. Bila Anda terkena banjir saat dijalan raya, segera matikan mesin dan telepon asuransi untuk menderek mobil Anda. Karena bila Anda paksakan tetap berjalan ditengah banjir dan air masuk ke mesin, biasanya pihak asuransi tidak mau mengganti kerusakan mesin.

Resiko sendiri biasanya 10% dari jumlah yang disetujui untuk diganti atau minimum Rp. 500.000.

Kecelakaan Diri Penumpang

Ini sudah kedalam fitur penting dalam asuransi kendaraan. Ada beberapa perusahaan yang menyediakan pertanggungan untuk pesonal accident, ada yang bisa mengganti biaya rumah sakit, ada yang hanya untuk cacat tetap dan meninggal dunia.

Biasanya besaran biasa ada yang berjumlah Rp. 5.000.000 untuk masing-masing penumpang dengan maksimal penumpang 3 atau 7 orang ditambah 1 orang pengemudi, ada juga yang Rp. 7.500.000 per orang atau Rp. 10.000.000 per orang. Semua tergantung pilihan Anda mau ditanggung yang mana.

Nah, bagaimana, sudah mengerti akan pentingnya asuransi mobil? Kredit GoGo menyediakan informasi lengkap mengenai berbagai perusahaan asuransi kendaraan yang bisa Anda bandingkan dan ajukan secara langsung.

(Source image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama