Mengapa Asuransi Perjalanan Itu Sangat Penting?

Musibah bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika sedang liburan sekalipun. Untuk mempersiapkan hal itu, lindungi diri Anda dengan asuransi perjalanan.

asuransi

asuransi perjalanan

asuransi penting

manfaat asuransi

pesawat

kecelakaan pesawat

ganti rugi kargo pesawat

asuransi maskapai

pesawat indonesia

Musibah jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501, jurusan Surabaya Singapura telah mengejutkan banyak pihak. Bagaimana tidak, maskapai terkenal sekelas Air Asia ternyata juga bisa mengalami musibah yang tidak diinginkan semua orang. Tercatat ada 155 orang penumpang dan 7 orang kru pesawat yang tewas akibat kejadian itu. Dari kecelakaan ini pula, ada banyak orang yang harus kehilangan kerabat tersayang. Tak sedikit pula diantara mereka merupakan kepala keluarga yang harus menghidupi keluarga yang ditinggal. Nah, dari hal tersebut, ada satu hal yang bisa menjamin itu semua, yaitu asuransi perjalanan.

Masalahnya, tidak sedikit dari kita yang justru menyepelekan pentingnya memiliki asuransi perjalanan saat bepergian. Pada umumnya, mereka menganggap menggunakan asuransi perjalanan itu mubazir. Karena daripada dipakai membeli polis, lebih baik uangnya digunakan untuk berbelanja saat liburan. Selain itu, ada juga yang menyebutkan sudah tidak memerlukan asuransi perjalanan karena sudah memiliki Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa, sehingga dirasa sudah cukup.

Naiknya Tren Perjalanan Pesawat

Semakin tingginya tingkat mobilitas masyarakat, terutama saat menjelang liburan. Serta pesatnya perkembangan transportasi dan infrastruktur pendukung, semakin membuat maskapai penerbangan terus mengembangkan pasar dengan menjual tiket berharga miring. Hal ini membuat berbagai kegiatan, perjalanan baik keperluan bisnis ataupun sekedar jalan-jalan semakin sering dilakukan.

Seakan tidak cukup, pesatnya pertambahan kelas menengah, terutama di Indonesia yang diikuti dengan peningkatan pendapatan semakin membuat perjalanan antar kota menjadi kebiasaan yang standar.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada tahun 2003, lalulintas kedatangan pesawat hanya 352.028 unit. Namun, pada 2012, lalulintas keberangkatan melonjak 717.435 unit. Hal ini menunjukkan, ada peningkatan drastis arus keberangkatan sebesar 103,8%. Sementara, lalulintas kedatangan meningkat dari 340.467 unit pada 2003 menjadi 719.030 unit pada 2012. Luar biasa bukan?

Peningkatan lalulintas penerbangan ini juga berpengaruh pada jumlah penumpang. Pada 2003, ada 42,53 juta penumpang yang menggunakan pesawat terbang baik dari keberangkatan, kedatangan, maupun transit. Pada tahun 2012, terjadi peningkatan luar biasa sebesar 247,64% menjadi 147,85 juta penumpang.

Meski menawarkan waktu tempuh yang singkat dan tidak melelahkan, perjalanan dengan pesawat justru menawarkan nilai risiko yang lebih tinggi. Jadi, Anda masih tetap bisa tertimpa musibah seperti kecelakaan dan lainnya. Karena itu, penting untuk memiliki asuransi perjalanan agar perjalanan udara Anda tetap aman dan nyaman.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Namun, kalau dilihat lebih jauh, ada berbagai manfaat dari asuransi perjalanan yang tidak disadari oleh masyarakat? Apa saja, ini dia.

1. Penundaan atau Pembatalan Penerbangan

Bagi yang sering melakukan perjalanan udara, pasti sudah pernah merasakan delay atau penundaan penerbangan. Saat hal itu terjadi, Anda tidak hanya kerugian waktu, tapi kerugian materil. Namun, dengan menggunakan asuransi perjalanan, kita akan diberikan santunan atas ketidaknyamanan apabila mengalami penundaan penerbangan dengan minimal masa tunggu keterlambatan dalam jangka waktu tertentu.

2. Kehilangan atau Kerusakan Bagasi

Siapa yang tidak kesal kalau pada saat bepergian, kita mengalami kehilangan, kecurian, atau kerusakan pada barang bagasi. Tenang saja, dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda juga akan mendapatkan penggantian apabila mengalami kehilangan atau kerusakan bagasi. Penggantian akan diberikan per satu, sepasang atau serangkaian barang dan secara keseluruhan isi bagasi, atau dalam hal kerusakan bagasi, pilihan perbaikan atau penggantian.

3. Sakit atau Kecelakaan

Kita tidak pernah tahu kapan hal yang tidak diinginkan itu akan datang, termasuk saat sedang liburan. Di mana bisa saja kita mengalami sakit atau kecelakaan yang memaksa untuk dirawat secara intensif. Kita pun juga harus sadar kalau biaya yang akan dikeluarkan akan sangat besar bila mengalami sakit atau kecelakaan saat berada di luar negeri. Karena itu, siapkan asuransi perjalanan yang akan memberikan manfaat penggantian biaya kesehatan atau kecelakaan termasuk juga biaya untuk evakuasi medis atau pemulangan ke negara asal atau tempat tinggal setelah perawatan.

4. Kehilangan Dokumen Perjalanan

Risiko kehilangan dokumen penting saat perjalanan seperti kehilangan paspor juga cukup sering dialami para traveler. Kerugian yang ditimbulkan dari kejadian ini sangat tidak sedikit. Sebab ada kemungkinan kita harus tinggal lebih lama di tempat tujuan, mengganti tiket pesawat dan lain-lain karena urusan administrasi yang mesti dilaksanakan.

Namun apabila sudah memiliki asuransi perjalanan, Anda sudah tidak perlu khawatir. Karena layanan ini sudah mencakup manfaat penggantian biaya akomodasi tambahan selama nasabah melakukan proses kehilangan dokumen perjalanan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama