Empat Langkah Mudah Klaim Asuransi Kendaraan

Tak perlu panik saat terlibat dalam kecelakaan mobil atau motor di jalan raya. Segera hubungi pihak asuransi kendaraan dan klaim biaya pertanggunan Anda. Cari tahu langkah-langkahnya di sini!

Keuntungan punya asuransi kendaraan adalah Anda bisa terbebas dari berbagai risiko tak terduga saat berkendara di jalan raya. Mulai dari kecelakaan, pencurian, kehilangan, dan lainnya.

Namun, sering terjadi kasus penolakan yang dialami pemilik polis saat melakukan pelaporan klaim pada jasa asuransi kendaraan. Mari kita selidiki yang jadi penyebabnya, bisa jadi karena beberapa hal tidak dipersiapkan secara cermat saat melapor.

langkah mudah klaim asuransi kendaraan

Persyaratan Klaim Asurasi Kendaraan

Untuk pengajuan klaim asuransi kendaraan sebenarnya tergantung dari jenis asuransi kendaraan yang Anda milliki. Tahapannya dapat berbeda-beda.

Tetapi secara umum, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan tindak pelaporan klaim.

1. Secepatnya Telepon Pihak Asuransi

Maksimal tenggat waktu untuk melaporkan klaim adalah 3 x 24 jam sejak terjadinya kecelakaan. Meski begitu, ada juga perusahaan asuransi yang menerima pelaporan lebih dari batas waktu 3 x 24 jam. Namun, intinya adalah semakin cepat kita melakukan pelaporan akan semakin baik.

Baca juga: 7 Hal Wajib Paham Saat Pilih Asuransi Kendaraan
2. Kumpulkan Tanda Bukti Kejadian

Bukti kejadian dapat berupa foto kendaraan. Ini merupakan salah satu elemen yang sangat dibutuhkan saat akan melakukan klaim. Apalagi, jika Anda melaporkan klaim untuk kejadian kecelakaan dan melibatkan adanya pihak ketiga (baik sebagai korban maupun pelaku kecelakaan).

3. Lengkapi Persyaratan Dokumen

klaim asuransi kendaraan cepat

Dalam proses klaim, Anda wajib menyertakan dokumen-dokumen utama sebagai pendukung tanda bukti kejadian, yaitu:

  • Fotokopi identitas/ KTP Tertanggung (pemegang polis)
  • Fotokopi STNK kendaraan
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Fotokopi polis/sertifikat asuransi kendaraan bermotor
  • Mengisi laporan kerugian dan telah ditandatangani tertanggung
  • Keterangan dari kepolisian setempat
  • Surat tuntutan dari pihak III – jika terdapat tuntutan dari Pihak III
Baca juga: Perbedaan Asuransi Kendaraan All Risk & Total Loss Only

Sebagai catatan, pastikan dokumen-dokumen tersebut masih berada dalam masa berlaku. Sebab, tak sedikit perusahaan asuransi menolak klaim disebabkan oleh identitas diri dari pemegang polis yang sudah tidak berlaku.

4. Datangi Bengkel Rekanan yang Bekerja Sama

Langkah ini disesuaikan dengan perusahaan asuransi yang Anda miliki karena setiap perusahaan asuransi berbeda dalam proses pembayaran klaim untuk kecelakaan.

Namun, pada umumnya, setelah melaporkan kejadian dan mengurus keperluan dokumen di atas, Anda bisa langsung menuju bengkel rekanan yang telah ditunjuk oleh pihak asuransi.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, seluruh persyaratan tersebut harus disesuaikan dengan kejadian yang dialami oleh pemilik kendaraan. Oleh sebab itu, sebaiknya kita juga memahami jenis asuransi yang kita gunakan agar proses klaim bisa diproses dengan baik.

Hal lainnya yang paling krusial adalah pahami polis yang Anda miliki karena seluruh persyaratan untuk melakukan proses klaim asuransi kendaraan sebenarnya sudah ada dalam polis yang kita milliki.

Persyaratan Sudah Lengkap, Tapi Klaim Asuransi Kendaraan Masih Ditolak?

klaim asuransi kendaraan ditolak

Persyaratan Sudah Lengkap, Tapi Klaim Ditolak?

Walaupun semua persyaratan sudah dilengkapi terkadang masih saja ada klaim yang ditolah oleh perusahaan asuransi. Sebenarnya apa yang terjadi?

Perusahaan asuransibiasanya akan menolak klaim asuransi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Ditemukannya unsur kesengajaan atau kelalaian dari pemilik kendaraan. Misalnya, dengan memberikan kendaraan kepada orang lain dengan risiko kehilangan atau kerusakan yang sudah jelas.

2. Kendaraan diubah tanpa sepengetahuan dari pihak asuransi. Contoh, Anda memodifikasi kendaraan yang dimiliki untuk kegiatan usaha. Perubahan tersebut sebaiknya dilaporkan kepada pihak asuransi, karena berpengaruh terhadap nilai kendaraan yang diasuransikan.

Baca juga: 3 Hal yang Tidak Dilindungi Asuransi Kendaraan

3. Adanya indikasi pelanggaran hukum. Setiap kecelakaan atau kehilangan tentunya akan mendapat pertanggungan dari asuransi. Akan tetapi, biaya pertanggungan Anda dapat ditangguhkan apabila diketahui peristiwa tersebut diakibatkan oleh pelanggaran hukum. Misalnya, mengendarai kendaraan tanpa memiliki SIM atau kecelakaan yang diakibatkan melakukan pelanggaran lalu lintas.

Dengan penjelasan di atas, diharapkan dapat membantu Anda mempercepat proses klaim. Bila memang terdapat informasi yang kurang jelas sebaiknya Anda segera menghubungi perusahaan asuransi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama