7 Hal Wajib Paham Saat Pilih Asuransi Kendaraan

Bagaimana cara pilih asuransi kendaraan yang sesuai kebutuhan? Ketahui tujuh pertimbangan berikut dan pengaruhnya untuk perlindungan terbaik mobil dan motor Anda.

Berkendara di kota besar penuh risiko. Anda mungkin sudah ekstra hati-hati, tapi malang kadang tetap tak terhindar. Melindungi kendaraan dengan asuransi adalah salah satu cara untuk menghadapi peristiwa tak terduga di jalan raya.

Selain memberikan rasa aman dan nyaman, asuransi kendaraan sekaligus jaminan investasi terhadap aset berharga Anda. Untuk itu, Anda perlu memahami langkah terbaik dalam memilihnya.

bantuan mobil mogok

Kenal Kredibilitas Perusahaan

Tidak sedikit para pemegang asuransi kendaraan harus gigit jari karena asuransi yang dimiliki tak sesuai harapan. Misalnya, kesulitan klaim, bengkel rekanan sedikit, pelayanan lama, atau bahka perusahaan asuransinya tidak dapat dihubungi saat Anda butuhkan.

Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan cek latar belakang perusahaan asuransi. Sebaiknya, pilih asuransi yang telah memiliki kredibilitas dan nama baik di kalangan konsumen.

Simak review dari konsumen lain tentang pelayanan dan sistem klaim yang diberikan. Lebih baik lagi jika Anda menelepon customer service untuk memastikan langsung eksistensi perusahaan asuransi tersebut.

Tipe Kendaraan

Kendaraan untuk penggunaan pribadi akan lebih mudah untuk diberikan asuransi. Sedangkan, kendaraan yang digunakan untuk kegiatan komersial seperti mobil rental atau digunakan sebagai taksi online, akan sangat sulit untuk mendapatkan asuransi.

Baca juga: Serba-serbi Asuransi Kendaraan

Sebab, risiko penggunaan kendaraan yang tinggi menjadi salah satu pertimbangan sendiri bagi perusahaan asuransi. Adapun mendapatkan sebuah perusahaan yang mau menanggung, biasanya akan diberikan rate premi yang lebih tinggi diibandingkan dengan kendaraan normal.

Kelayakan Usia Kendaraan

Usia kendaraan yang masih layak untuk diberikan asuransi adalah lima sampai enam tahun. Faktor umur ini menjadi pengaruh bagi nilai asuransi yang nantinya Anda terima.

Bila usia kendaraan Anda ternyata lebih dari enam tahun, kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan asuransi yang sesuai. Hal ini disebabkan oleh besarnya risiko kerusakan yang dimiliki oleh kendaraan tersebut.

Paham Penawaran Jenis Asuransi

asuransi kendaraan

Ada dua jenis asuransi kendaraan untuk Anda ketahui. Yang pertama, Total Loss Only (TLO) yang hanya akan memberikan tanggungan bagi kehilangan kendaraan atau jika kerusakan lebih dari 75% dari nilai kendaraan.

Jenis Asuransi yang kedua, yaitu All Risk, memberikan perlindungan bukan hanya untuk kehilangan. Tetapi terhadap seluruh klaim seperti kerusakan, risiko kecelakaan dan berbagai hal lainnya.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Kendaraan All Risk & Total Loss Only

Jika Anda termasuk orang awam yang tidak terlalu mengerti perkara otomotif, ada baiknya Anda memilih asuransi ini. Sebab, perusahaan asuransi akan menanggung semua klaim Anda hingga yang terkecil. Sementara itu, jenis asuransi TLO hanya akan melindungi Anda dari risiko besar.

Ketahui Nilai Premi

Sebelum memilih sebuah asuransi kendaraan, sebaiknya Anda melakukan perbandingan nilai premiyang harus dibayarkan. Premi ini biasanya disesuaikan dengan nilai kendaraan yang Anda miliki yang akan diasuransikan.

Selain itu, ketahuilah mekanisme pembayaran premi tersebut karena setiap perusahaan asuransi memilliki ketentuan yang berbeda. Pastikan untuk memilih yang paling memudahkan Anda.

Layanan Bantuan Siaga

bantuan mobil mogok

Pelayanan 24 jam sangat membantu Anda saat sedang dalam keadaan darurat. Contoh, Anda terlibat sebuah kecelakaan dalam perjalanan pulang ke rumah setelah lembur di kantor. Kemana Anda harus menghubungi perusahaan asuransi untuk masalah klaim?

Ketahui layanan yang disediakan oleh perusahaan asuransi yang Anda pilih, terutama apakah perusahaan tersebut menyediakan jasa 24 jam. Semakin banyak layanan yang diberikan, maka semakin besar manfaat yang Anda terima. Jadi, manfaatkanlah layanan-layanan tersebut sebaik mungkin

Persiapkan Dokumen

Anda sudah melakukan keenam hal di atas, dan semakin mantap memilih perusahaan asuransi yang tepat untuk perlindungan Anda. Langkah terakhir adalah persiapkan berbagai jenis dokumen yang diperlukan.

Buatlah salinan yang sesuai dan pastikan dokumen tersebut masih berlaku. Tidak sedikit klaim asuransi yang mendapat penangguhan pengajuan karena alasan dokumen yang tidak sesuai atau sudah kadaluarsa.

Baca juga: Mengapa Asuransi Kendaraan di Kota Besar Penting?

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih untuk sebuah produk asuransi kendaraan. Semakin Anda siap dengan seluruh informasi di atas, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menentukan asuransi kendaraan mana yang akan sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang, setelah memahami langkah-langkah yang harus dipersiapkan, lihat rekomendasi asuransi kendaraan yang sesuai dengan pilihan Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama