3 Jenis Perlindungan Diri yang Dinilai Sama Tapi Beda Manfaat

Meski ditujukan untuk perlindungan diri, asuransi kendaraan, kecelakaan, dan perjalanan, punya manfaat yang saling melengkapi. Mari cari tahu perbedaan ketiganya!

Asuransi merupakan bentuk perlindungan saat Anda menghadapi sebuah risiko. Jenisnya beragam dengan manfaat yang berbeda. Namun, ada tiga jenis asuransi yang sering dianggap sama, yaitu asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi kendaraan.

Banyak orang beranggapan jika sudah memiliki asuransi kecelakaan, tak lagi perlu punya asuransi perjalanan maupun asuransi kendaraan. Sebab, jika terjadi kecelakaan saat perjalanan, asuransi kecelakaan sudah cukup melindungi. Hal tersebut juga berlaku untuk sebaliknya.

Padahal ketiganya memiliki manfaat berbeda yang, sebenarnya, saling melengkapi satu sama lain!

asuransi perjalanan

Pahami Perbedaan Manfaat dan Keuntungannya

Asuransi kendaraan berguna dalam menjaga kendaraan Anda dari risiko kerusakan hingga kecelakaan saat di jalan. Ganti rugi yang diberikan perlindungan ini juga mencakup pihak ketiga yang terkena dampaknya.

Beberapa produk asuransi kendaraan kadang juga memberikan perlindungan kecelakaan diri bagi pengemudi dan penumpang. Meski begitu, manfaatnya tidak sebesar yang diberikan asuransi kecelakaan diri.

Baca juga: 7 Hal Wajib Paham Saat Pilih Asuransi Kendaraan

Asuransi jenis ini mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko yang menyebabkan Anda rawat inap di rumah sakit, menderita cacat sementara hingga permanen, bahkan kehilangan nyawa.

Sedangkan, asuransi perjalanan menunjang dua asuransi tersebut dalam bentuk perlindungan keselamatan dan kenyamanan saat bepergian di dalam negeri maupun luar negeri.

Ketahui Keuntungan Lebih Dalam

manfaat asuransi

1. Asuransi Kecelakaan

Manfaat dari asuransi kecelakaan adalah melindungi Anda dari segala macam resiko kecelakaan. Jenis kecelakaan yang dimaksud tak hanya kecelakaan kendaraan atau lalu lintas saja, tapi segala macam jenis kecelakaan.

Mulai dari terpeleset di kamar mandi, jatuh dari tangga, terbentur benda keras sehingga dilarikan ke rumah sakit, keracunan gas, tenggelam, terpapar zat berbahaya, hingga terasing di tempat sepi karena bencana. Di sinilah letak perbedaannya dibanding dengan kedua jenis asuransi lainnya.

2. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan memiliki manfaat untuk melindungi Anda dari segala macam resiko yang bisa menyebabkan kerusakan atau kehilangan pada kendaraan dan resiko yang terjadi pada diri Anda selama sedang berkendaraan.

Jenis kerusakan yang dimaksud bisa diakibatkan karena banyak hal seperti bencana alam, serta sambaran petir, huru-hara, pencurian, dan kecelakaan. Cakupan perlindungan yang dilindungi saat terkena kecelakaan adalah kendaraan yang diasuransikan, diri Anda, serta pihak ketiga atau pihak yang dirugikan dan terkena dampaknya. Inilah letak perbedaan asuransi kendaraan dengan kecelakaan.

Baca juga: Empat Langkah Mudah Klaim Asuransi Kendaraan

Pertanggungan yang diberikan terdiri dari dua jenis, yakni Total Lost Only (TLO) dan All Risk. TLO hanya akan memberikan pertanggungan sejumlah kerugian yang diderita. Sedangkan All Risk akan memberikan pertanggungan kerugian secara keseluruhan.

Contohnya, Asuransi MAG Comprehensive yang memberikan tipe perlindungan All Risk dengan jaminan segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan hingga berat, serta kehilangan. Manfaat lain yang didapat adalah pertanggungan biaya derek, pick up dan delivery service dari bengkel rekanan, dan perluasan manfaat jaminan tambahan.

3. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan tak hanya melindungi saat terjadi kecelakaan selama Anda melakukan perjalanan saja, tapi juga mengganti rugi kehilangan atau kerusakan bagasi, kehilangan dokumen perjalanan, menderita sakit saat di perjalanan, keterlambatan atau pembatalan jadwal, ketidaknyamanan pembajakan, hingga evakuasi medis ke daerah atau negara asal yang tidak dimiliki jenis asuransi lainnya.

Cara Memilih Jenis Asuransi yang Tepat

Apabila Anda merasa kebingungan ingin memilik jenis asuransi mana yang tepat untuk diri Anda, cobalah untuk melihat apa yang Anda butuhkan terlebih dahulu dan berapa jumlah premi yang bisa Anda sanggupi sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Jika dilihat dari premi dan jangka waktu perjanjian polis, asuransi perjalanan memiliki premi yang jauh lebih murah dibanding asuransi kendaraan dan kecelakaan karena jangka waktu yang ditawarkan paling lama adalah satu tahun.

Rata-rata premi asuransi perjalanan dimulai dari harga puluhan ribu rupiah sementara asuransi kecelakaan dan kendaraan preminya dimulai dari harga ratusan ribu rupiah.

Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan dan Tips Memilihnya!

Tapi jika Anda lebih sering bepergian dengan transportasi umum, terutama pesawat. Maka asuransi perjalanan adalah jenis perlindungan utama yang wajib Anda miliki. Lalu untuk perlindungan tambahannya, Anda bisa memilih asuransi kecelakaan.

Disarankan untuk memiliki lebih dari satu asuransi karena bisa memberikan Anda perlindungan ganda dengan manfaat yang diberikan pasti berbeda-beda.

Sekarang sudah tahu asuransi mana yang lebih Anda butuhkan? Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda membedakan mana asuransi yang lebih tepat untuk diri Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama