Mengapa Rumah Anda Harus Dilengkapi Asuransi Properti?

Sadarkah jika rumah rentan akan risiko kerusakan? Asuransi properti dapat memberikan perlindungan bagi tempat tinggal, termasuk furnitur Anda. Untuk lebih jelas, mari pelajari beberapa manfaatnya!

Tinggal di rumah yang nyaman dan aman, bebas dari risiko banjir maupun bencana alam lainnya,adalah kebutuhan setiap orang. Namun, walau telah berupaya mencari rumah di lokasi yang strategi, datangnya musibah tetap menjadi risiko yang tak mudah untuk dihindari.

Rasa aman berkat pemilihan lokasi yang tepat pada rumah kerap membuat orang-orang mengabaikan pentingnya asuransi rumah tinggal. Padahal, jika dipertimbangkan secara bijak, tak ada salahnya mengamankan rumah sebelum hal yang tidak memungkinkan menimpa rumah tinggal kita.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengasuransikan rumah tinggal, mulai dari melindungi hunian dari peristiwa badai, banjir, angin topan bahkan kebakaran. Berikut beberapa alasan yang perlu Anda ketahui mengapa rumah tinggal perlu diasuransikan. Yuk, simak pemaparannya!

Melindungi Bangunan dan Isinya

Asuransi properti tidak hanya sekedar berbicara tentang bangunan luar, tapi juga furnitur di dalamnya. Bayangkan jika terjadi kebakaran, banjir, atau bahkan pencurian, dan barang-barang Anda mengalami kerusakan.

Baca juga: Beli Rumah Cash atau KPR, Perhatikan Risikonya

Dengan furnitur yang dilindungi asuransi, Anda bisa mendapat ganti rugi atas kerusakan tersebut. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir soal dana untuk membeli barang-barang baru.

Aman dari Bencana Alam

Jika terjadi banjir, angin topan ataupun tanah longsor, asuransi properti akan memberikan perlindungan pada rumah Anda. Apalagi, jika Anda memiliki rumah dengan lokasi rawan banjir atau rawan bencana, tentu tak perlu khawatir lagi.

Meskipun musibah yang datang tidak merusak seluruh struktur bangunan, setidaknya Anda dapat memperoleh penggantian biaya cat untuk memperbaiki beberapa area cat yang terkelupas atau kusam.

Terhindar dari Kebakaran

Musibah kebakaran memang tak bisa dihindari. Apalagi jika kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik ataupun ledakan tabung gas. Anda tak akan pernah tahu kapan musibah itu bisa terjadi. Adanya asuransi properti, rumah tinggal Anda tentu akan tetap terlindungi. Pasalnya, pihak asuransi properti memberi jaminan atas terjadinya kebakaran.

Baca juga: Cara Berinvestasi Rumah Kontrakan yang Tepat Sasaran

Jika seluruh struktur bangunan rusak parah, pihak asuransi akan memberikan biaya pembangunan ulang. Ditambah lagi, Anda bisa memilih arsitek yang bisa mendesain ulang rumah sesuai keinginan. Tentunya, ini juga sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

Jaga Nilai Rumah Tetap Stabil

Cemas nilai rumah turun setelah mengalami bencana? Tak perlu khawatir!Nilai rumah Anda bisa tetap stabil dengan perlindungan asuransi properti.

Rumah merupakan investasi yang paling menjanjikan untuk setiap orang. Renovasi atau perbaikan dengan biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi setelah terjadi bencana bisa membuat rumah Anda kembali bagus. Bukannya turun, justru nilai rumah akan meningkat.

Siaga Aksi Pencurian

Manfaat lain dari asuransi properti yang bisa Anda dapatkan adalah terlindunginya rumah dari tindak perampokan atau pencurian. Pihak asuransi akan melindungi hunian Anda bila terjadi perampokan.

Apabila benda-benda Anda hilang, pihak asuransi akan menghitung berapa kerugian nilai harta yang hilang untuk menggantinya. Supaya harta benda Anda yang hilang mendapatkan penggantian, catat seluruh barang yang hilang setelah terjadinya pencurian.

Salah Satu Syarat Mengajukan Pinjaman

Anda ingin mengajukan pinjaman, tapi harus memiliki asuransi properti? Sebelum melakukan pengajuan, tak ada salahnya untuk memiliki asuransi properti terlebih dahulu. Lembaga keuangan pasti ingin pinjaman yang diajukan dapat segera Anda dilunasi dan rumah tinggal yang dimiliki terbebas dari risiko bencana maupun kebakaran.

Baca juga: Manfaat DP Rumah Untuk Pengajuan KPR

Menghindari Risiko Tuntutan Hukum

Ternyata, perlindungan asuransi properti tak hanya melindungi kondisi fisik rumah saja. Namun, risiko terjadinya kecelakaan di dalam rumah juga dapat melindungi Anda dari tuntutan hukum apabila ada orang lain yang mengalami luka akibat bencana atau kebakaran yang terjadi pada rumah Anda.

Itulah beberapa alasan, kenapa Anda harus memiliki asuransi properti. Tidak hanya rumah tinggal Anda saja yang aman, tapi harta benda dan kemungkinan risiko terjadinya musibah lain dapat dihindari. Jadi, selamat melindungi hunian Anda!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama