Asuransi Apple, Seberapa Pentingkah?

Sebagai salah satu gadget premium, Apple memberikan garansi 1 tahun, namun, seringkali garansi tersebut tidaklah cukup panjang. Bisakah diasuransikan?

Anda pasti sepakat bahwa Apple dipandang sebagai salah satu gadget mahal, dimulai dari iPhone, iPad, Macbook Pro hingga iMac. Steve Jobs sebagai co-founder Apple memang menginginkan gadget yang eksklusif dan yang memang benar-benar dapat memanjakan penggunanya. Tidak heran jika banyak orang yang menginginkan memiliki salah satu dari produk Apple.

Namun, sayangnya ini tidak didukung dengan garansi yang panjang. Di setiap pembelian gadget Apple hanya memberikan garansi 1 tahun di setiap pembelian seluruh produk Apple. Garansi tersebut meliputi komponen dan software yang digunakan. Ditambah Anda akan mendapatkan akses dukungan langsung via telepon selama 90 hari sejak pembelian.

Mengasuransikan Gadget Apple

Bila dilihat dari harganya, gadget Apple tidak ada yang dibanderol dibawah 5 juta rupiah. Bahkan laptopnya, New Macbook 2015, harganya bisa mencapai 50 juta! Ponsel iPhone 6s yang terbaru dibanderol dengan harga Rp 11 juta.

Meski kita akan merasa aman akan "janji" garansi, namun terasa jengkel kita hendak klaim kerusakan pada gadget kita, tapi itu seringkali memakan waktu yang lama. Rasanya akan tepat jika kita memutuskan untuk mengasuransikannya selepas garansinya habis. Lho, memang ada?

AppleCare Protection Plan

Alih-alih menyebutnya dengan asurasni, Apple menamakan "asuransinya" dengan AppleCare Protection Plan. Ini dikarenakan Apple mirip dengan produk elektronik lainnya. Terkadang ada produk yang harus diklaim garansi karena mengalami kerusakan tertentu pada komponen atau software.

Tentu tidak akan menjadi masalah ketika perangkat Anda masih dalam kondisi garansi, yang dilakukan hanyalah mengklaim ke Authorized Service Provider. Nah, bagaimana jadinya apabila garansi telah habis dan Anda tidak bisa melakukan klaim?

Tidak usah khawatir, karena kini Apple mempunyai AppleCare Protection Plan. Apa itu? AppleCare Protection Plan atau APP adalah program perpanjangan masa garansi dan pelindungan produk Apple anda yang didukung langsung oleh teknisi Apple. Dengan APP, masa garansi Mac Anda akan diperpanjang 3 tahun dari tanggal pembelian. Sementara untuk iPhone, iPad dan iPod, hanya diperpanjang hingga 2 tahun dari tanggal pembelian.

Berikut adalah perincian komponen dan aksesoris yang akan dilindungi oleh AppleCare Protection Plan

MacBook


MacBook

Aksesoris seperti power adapter

Apple memory (RAM)

AirPort Express Base Station, AirPort Extreme Base Station atau Time Capsule

Apple USB SuperDrive (untuk MacBook Air, MacBook Pro dengan Retina Display, dan Mac mini)

Apple display

iMac


Apple display

Built-in camera, mic dan speaker

Termasuk kabel colokan

iPod


iPod

Baterai

Termasuk earphone dan kabel USB

Apple TV


Apple TV

AirPort Express Base Station, AirPort Extreme Base Station atau Time Capsule

Apple Remote dan kabel colokan

iPhone


iPhone

Baterai

Earphone dan charger

iPad


iPad

Baterai

AirPort Express Base Station, AirPort Extreme Base Station atau Time Capsule

Kabel USB dan power adapter

Sama seperti asuransi pada umumnya, AppleCare Protection Plan pun mempunyai jumlah premi yang harus Anda bayar, hanya saja bedanya ini dilakukan setiap tahun dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh Apple. Bagaimana, tertarik untuk mengasuransikan produk Apple Anda?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama