Pentingnya Asuransi Kebakaran untuk Hunian Anda

Memiliki properti tanpa perlindungan tentunya sangat merugikan. Bila terjadi kebakaran Anda akan tertimpa kerugian besar. Disinilah pentingnya asuransi kebakaran.

Kebakaran menjadi ancaman serius bagi masyarakat di Ibu Kota. Data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan penyelamatan DKI Jakarta menyebutkan sepanjang 2015 total kasus kebakaran yang terjadi berjumlah 1562 kejadian. Meningkat 473 kejadian dibanding tahun sebelumnya, yaitu 1089 kasus.

Kehidupan sehari-hari Anda memiliki peran besar atas terjadinya risiko kebakaran. Mulai dari memasak, menggunakan barang elektronik, bahkan merokok di dalam rumah pun dapat memicu kebakaran yang akhirnya merusak properti, harta benda dan dokumen penting Anda. Untuk mencegah hal tersebut peran asuransi kebakaran dinilai penting untuk melindungi segala kerugian.

Pengertian Asuransi Kendaraan

Asuransi kebakaran merupakan sebuah jenis polis asuransi kerugian atas harta benda yang akan melindungi struktur serta isi rumah Anda dari bahaya kebakaran. Peran asuransi kebakaran adalah memberikan Anda bantuan finansial untuk menggantikan harta benda yang hilang.

Dengan adanya asuransi kebakaran diharapkan dapat menjadi pelindung Anda dan keluarga.

Polis Asuransi Kebakaran

Polis asuransi kebakaran memberikan perlindungan terhadap harta benda ataupun kepentingan yang dipertanggungkan, yang secara langsung disebabkan oleh: kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.

Selain itu tersedia juga perlindungan komprehensif terhadap kerugian akibat: kerusuhan, perampokan, ganti rugi terhadap pihak ketiga, kecelakaan diri dan lain-lain. Perlu diingat bahwa polis asuransi kebakaran hanya akan mengembalikan posisi finansial ketika mengalami musibah ke keadaan sebelum mengalami musibah.

Alasan Asuransi Kebakaran itu Penting

Melihat berbagai kasus kebakaran yang menyebabkan kerugian besar, tentunya memiliki asuransi kebakaran adalah jalan keluar terbaik untuk menjamin harta benda Anda. Lantas alasan apakah yang dapat membuktikan bahwa asuransi itu penting, berikut ini beberapa alasan yang bisa mewakili:

1. Menghindari Kebangkrutan

Rumah merupakan sebuah aset terpenting dan investasi jangka panjang yang tidak murah harganya. Apabila rumah terbakar dan tidak ada perlindungan, belum tentu Anda bisa memperbaikinya dengan cepat.

Perbaikan rumah akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kemungkinan Anda akan mencari pinjaman dana baik dari keluarga, kerabat ataupun bank untuk biaya perbaikan rumah.

Jika melakukan pinjaman tentunya Anda akan membutuhkan waktu lama untuk melunasinya, karena pinjaman tersebut nilainya tidak sedikit. Keadaan keuangan Anda akan semakin berat walau rumah berhasil diperbaiki.

Kehadiran asuransi kebakaran adalah untuk melindungi kerugian tersebut, kerusakan akibat kebakaran yang terjadi. Anda tidak ingin jika rumah yang dibangun dengan kerja keras hangus terlalap api, jadi tidak ada alasan untuk Anda tidak menyediakan perlindungan.

2. Mengganti Barang yang Rusak

Asuransi kebakaran tidak hanya mengganti kerusakan atas bangunan Anda yang mengalami kebakaran, tetapi juga biaya kerusakan atas barang-barang yang ikut terbakar. Syarat penggantian ini adalah kebakaran tersebut tidak terjadi atas kelalaian Anda sendiri.

3. Tempat Tinggal Sementara

Ketika rumah Anda hangus terbakar pertolongan pertama adalah mendapatkan tempat tinggal sementara. Sebelum pergantian dan perbaikan bangunan selesai pihak asuransi menjamin hidup Anda agar tetap nyaman.

Asuransi kebakaran memberikan Anda tempat tinggal sementara dan ini adalah fasilitas cuma-cuma kepada nasabah yang mengalami musibah kebakaran. Dengan memiliki asuransi kebakaran Anda tetap dapat tinggal dengan nyaman.

4. Biaya yang Terjangkau

Umumnya biaya polis asuransi kebakaran di Indonesia sangat terjangkau bila dibandingkan dengan manfaat yang diberikan. Untuk polis Standar Kebakaran Indonesia, biasanya nilai premi hanya 0.5 per mil dari total nilai aset.

Misalnya, Anda mempunyai rumah senilai 300 Juta, maka premi yang harus dibayar adalah 0.5 per 1000 dikalikan 300 juta, yaitu menjadi Rp. 150.000 per tahun. Jadi, perbandingan antara nilai pertanggungan yang diperoleh dengan nilai premi yang dibayarkan jauh sekali.

5. Memberikan Rasa Aman

Proteksi asuransi ada untuk menghindari risiko yang tidak pasti seperti kebakaran dan bencana alam, dengan adanya perlindungan tersebut akan memberikan rasa aman dan ketenangan bagi Anda. Seandainya terjadi kebakaran yang menimpa Anda dan mengalami kerugian, setidaknya Anda akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi.

Rumah dan properti lainnya merupakan aset finansial terbesar yang dimiliki. Untuk itu asuransi kebakaran begitu penting dan sangat krusial kedudukannya sebagai element penting untuk direncanakan sebelum Anda membangun rumah, pabrik, apartemen dan lain sebagainya.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Asuransi itu Penting

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama