Ayo Lindungi Properti Anda dengan Asuransi

Rumah atau jenis properti yang Anda miliki kini dapat dilindungi dari berbagai kerugian baik yang disebabkan oleh bencana alam ataupun juga kebakaran. Bentuk perlindungan yang cocok dengan hal tersebut ialah asuransi properti.

  • sebagai investasi
  • memberikan rasa aman
  • mengendalikan kerugian

Kebakaran yang terjadi di Pasar Senen pada 25 April 2014 lalu, telah mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Dari kejadian itu, diduga ada lebih dari 1.000 kios terbakar dan menyebabkan kerugian bernilai sekitar Rp 100 miliar lebih.

Dengan nilai kerugian sebesar itu, apakah pihak pengelola Pasar Senen sudah mempersiapkan ganti rugi yang sesuai kepada para pedagang di sana ? Tentu hanya mereka yang mengetahuinya. Namun, bila merujuk dari kejadian itu, seharusnya kita tersadar kalau perlindungan terhadap aset properti seperti rumah, kios, gedung, dan sejenisnya adalah sesuatu yang penting.

Pertanyaannya, apakah aset properti Anda sudah terlindungi? Ini dia, masalah yang ada sekarang adalah, masih belum banyak masyarakat Indonesia yang belum melindungi aset properti mereka, seperti melalui asuransi perlindungan properi. Sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan terhadap aset properti, di samping itu sudah banyak pula perusahaan lembaga keuangan yang langsung menawarkan asuransi rumah ketika Anda ingin mengajukan KPR. Tentu lebih fleksibel kan.

Kebakaran Pasar Senen, 25 April 2014

Dengan perlindungan asuransi rumah, kerugian yang ditimbulkan ketika rumah atau aset properti lain Anda bisa dijamin oleh pihak perusahaan asuransi. Selain melindungi aset properti Anda, masih ada beberapa keuntungan lain yang didapatkan ketika Anda melakukan perlindungan rumah melalui asuransi rumah :

1. Memberikan rasa aman

Inilah keuntungan pertama yang akan Anda rasakan ketika mengasuransikan rumah. Bagi individu, keluarga, dan lembaga usaha, perlindungan asuransi rumah akan memberikan ketenangan lebih karena rumah dan aset properti Anda sudah diproteksi oleh pihak asuransi.

Jadi, bila seandainya Anda benar-benar mengalami musibah seperti kebakaran, bencana alam, lain hal yang masuk ke dalam polis asuransi, maka kerugian yang Anda alami sudah ter-cover oleh asuransi. Bahkan, bila yang mengalami kebakaran adalah tempat usaha, mereka terkadang mau menjaga kelangsungan usaha Anda.

2. Mengendalikan kerugian

Nah, bila rumah Anda benar-benar mengalami musibah kebakaran, bencana alam, dan sebagainya. Inilah nilai benefit yang bisa Anda rasakan, yaitu ganti rugi rumah.

Namun, sebelum Anda mengajukan asuransi, biasanya pihak asuransi akan melakukan survei lapangan dan memberikan rekomendasi kepada nasabah untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan kerugian. Rekomendasi inilah yang nantinya akan dijadikan syarat sebelum penyetujuan yang tercantum pada polis asuransi sebagai ketentuan pertanggungan.

Jadi, bila Anda memiliki rumah, dengan pergantian tersebut, maka Anda akan tetap memiliki tempat tinggal. Karena pihak asuransi akan menanggung pergantian dan perbaikan rumah Anda.

Sementara untuk badan usaha, bila tempat usaha Anda mengalami kebakaran, maka pihak asuransi akan melakukan pergantian dan perbaikan untuk dapat menjaga kelangsungan tempat usaha Anda untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda. Sehingga tenaga kerja Anda tetap dapat terus bekerja dan tidak menambah pengangguran.

3. Sebagai Investasi

Manfaat lain dari asuransi adalah dapat dijadikan sebagai alat investasi yang berasal dari pengumpulan dana yang terdiri dari akumulasi premi asuransi. Hal ini berguna untuk menunjang pendapatan non-operasional yang bisa menjadi bagian dari unsur laba usaha.

Jadi, dengan ancaman berbagai bencana yang terjadi di sekitar kita, apakah Anda masih tidak ingin melindungi rumah Anda? Sebaiknya jangan. Karena itu, penggunaan perlindungan rumah seperti dengan asuransi sangat dianjurkan untuk memberikan proteksi lebih pada rumah dan produk properti Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama