Asuransi Pendidikan? Penting Enggak Sih?

Bagi sebagian orang, pendidikan anak merupakan hal yang tidak perlu direncanakan dengan matang. Hal tersebut salah mengingat biaya pendidikan terus mengalami kenaikan.

Pernah mendengar kata asuransi ? Pastinya Anda sudah sering mendengarnya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui jenis-jenis asuransi ? Nah, Ini yang mungkin belum banyak diketahui. Fungsi dasar dari segala macam jenis asuransi adalah perlindungan atas segala risiko yang bisa berupa musibah dalam berbagai bentuk seperti kecelakaan, sakit, cacat, kematian, kehilangan, dan bencana alam.

Asuransi Pendidikan

Di Indonesia, begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan jiwa, kesehatan, kendaraan, bahkan rumah. Namun, ada satu jenis asuransi lain yang belakangan ini mulai dilirik orang untuk digunakan.

Apa jenis asuransi itu ? Asuransi yang dimaksud adalah asuransi pendidikan. Ya, jenis asuransi ini akan menjadi sangat penting bila kita membicarakan masa depan anak. Apapun jenis pekerjaan yang Anda miliki, ketika sudah berkeluarga, pasti mau tidak mau harus mempersiapkan kebutuhan pendidikan bagi anak-anak di masa depan nanti.

Program asuransi pendidikan bisa dianggap penting saat ini, mengingat adanya berbagai risiko yang selalu ada di antara kita. Bila Anda mempunyai anggapan, “loh, saya kan sudah punya pekerjaan yang bagus dengan gaji besar ?”, apakah Anda yakin akan selalu dalam masa produktif ? Tidak kan. Sebab, ada waktunya kita akan menjadi tua, memasuki masa pensiun kerja, berhenti berwiraswasta, dan lain-lain yang dapat menghentikan arus pemasukan. Itulah berbagai risiko yang menjadi faktor pendukung untuk membuat asuransi pendidikan anak. Selain masalah produktifitas, masalah lain yang harus dipikirkan adalah makin mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, terutama ketika sudah mengecap jenjang perguruan tinggi.

Semakin Mahalnya Biaya Pendidikan

Bila kita menyoroti pendidikan di Indonesia, bisa dibilang masih sulit untuk mendapat fasilitas pendidikan terbaik dengan harga terjangkau di negara ini. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kenaikan biaya pendidikan di Indonesia naik hingga 10 persen per tahun. Bahkan, untuk biaya masuk perguruan tinggi tercatat sudah naik hingga 500-1000 persen selama 5 tahun terakhir hingga mematok uang di atas Rp 20 juta.

Untuk informasi, asuransi pendidikan sendiri merupakan sebuah pengeluaran khusus yang lebih ditujukan sebagai salah satu investasi jangka panjang. Di mana hasil dari investasi ini bisa kita panen di masa depan dengan hasil yang tinggi layaknya investasi di bidang properti dan lainnya. Guna menarik lebih banyak nasabah, banyak perusahaan asuransi sudah menawarkan asuransi pendidikan yang bisa digabungkan dengan asuransi kesehatan atau asuransi lainnya sesuai dengan keinginan Anda. Sangat fleksibel kan ?

Namun, apapun perusahaan yang menawarkan asuransi pendidikan yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda terlebih dulu berkonsultasi dengan agen atau broker asuransi itu. Sebab, mereka yang jauh lebih memahami perencanaan dan jenis produk asuransi yang paling cocok untuk kita beli.

Jadi, tunggu apa lagi, jangan biarkan anak Anda terancam hanya karena Anda tidak mempersiapkannya.

Semakin dini Anda mempersiapkan dana pendidikan anak, tentu semakin banyak risiko yang harus Anda hadapi di masa depan nanti.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama